Sukses

Pemeriksaan Fungsi Hati Pada Penderita Malaria
07 Jun 2018, 13:44 WIB
Wanita, 21 tahun.

Selamat siang dok mau tanya sya terinfeksi malaria tropika +4, sya melakukan pemeriksaan Alkali fosfatase dengan hasil lab 29, pertanyaan saya apakah pengaruhnya alkali fosfatase pada penderita malaria tropika dan perbedaan SGOT, SGPT dan Alkali fosfatase dimana pemeriksaan tersebut sama-sama mengetahui fungsi hati ma'ksh sebelumnya dok

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Alkaline Phospatase (ALP) merupakan tes untuk mengukur kadar enzim ALP di dalam darah. ALP sebagian besar dibentuk di hati, tulang, dan sebagian kecil di usus dan ginjal. Peningkatan kadar ALP dapat menunjukkan adanya kerusakan pada hati, sumbatan pada saluran empedu, atau deposisi tulang berlebih (penyakit pada tulang). Apabila hasil AP tinggi, perlu pemeriksaan lanjutan untuk mencari penyebabnya. Akan dicari juga, AP tipe mana yang meningkat, yang berasal dari hati atau dari tulang.

Peningkatan kadar SGOT/SGPT terutama 3 kali atau melebihi angka 100, dapat disebabkan karena infeksi hepatitis, peradangan pada hati serta fatty liver. 

Kadar normal ALP adalah 45-115 U/L. Pada penderita malaria, terjadi gangguan fungsi hati, oleh karena itu biasanya dilakukan pemeriksaan fungsi hati untuk mengetahui kerusakan yang mungkin ditimbulkan.

Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar