Sukses

Jari Terkilir
07 Jun 2018, 13:25 WIB
Pria, 20 tahun.

Halo dok, saya devi, tgl 26 mei kemarin saya terjatuh yang menyebabkan jari saya terkilir serta lengan yg membengkak. Sampai saat ini lengan yg membengkak telah hilang. Tetapi di jari kelingking saya masih sakit, suka sakit sprti menusuk dan agak ngilu. Saya cek disekitaran jari (tidak berwarna bengkak, warnany spt kulit biasa) tetapi ada benjolan sprti batu, kalo ditekan sakit (bukan benjolan bengkak tp kayak batu kecil). Itu tundakannnya harus gmn ya ? Masa iya udah lebih 10hari ga kunjung reda.

Terimakasih anda telah bertanya seputar Jari terkilir pada fitur Tanya dokter

Setelah mengalami trauma (benturan) - baik terdapat patah tulang atau tidak - jaringan akan mengalami peradangan. Hal inilah yang menyebabkan pembengkakan pada jari Anda.

Apakah Anda sudah melakukan rontgen untuk memastikan apakah terdapat patah atau retak pada jari Anda? Karena jika terdapat demikian, penyembuhannya akan lebih lama dan mungkin diperlukan terapi lain.

Terkilir atau keseleo merupakan istilah awam yang digunakan untuk menggambarkan setiap keadaan bengkak atau nyeri akibat "salah urat" setelah melakukan aktivitas tertentu, padahal terkilir memiliki beberapa penyebab bergantung pada kronologis terjadinya.

Pada saat terjadi gerakan cukup keras dengan arah yang tidak biasa, terdapat beberapa kemungkinan yang dapat terjadi pada sendi.

Peregangan dan memar pada otot atau ligamen (jaringan yang menghubungkan antar dua tulang). Keadaan ini dapat dikategorikan terkilir yang ringan. Robekan pada ligamen yang dapat menyebabkan nyeri, bengkak, dan memar yang lebih berat dibandingkan keadaan pertama. Putusnya ligamen menyebabkan ketidakstabilan pada sendi dan dapat ditemukan perdarahan di sekitar robekan yang tampak sebagai memar hebat. Meski tidak selalu, putusnya ligamen dapat disertai pergeseran tulang sehingga memerlukan tatalaksana intensif oleh dokter spesialis bedah tulang. Selain itu, masih ada peregangan atau robekan pada serat-serat otot yang dapat menyebabkan keluhan serupa. Keadaan ini umumnya berkaitan dengan penggunaan otot dan tendon yang berlebihan secara berulang.

Peregangan maupun robekan ligamen umumnya akan diikuti oleh reaksi inflamasi (bengkak, radang, benjol) sehingga menimbulkan keluhan pembengkakan, nyeri, kemerahan, yang terasa hangat pada perabaan. Yang dapat dilakukan untuk mengurangi peradangan adalah dengan mengompres daerah yang terkilir menggunakan es, istirahatkan bagian yang terkilir dengan meninggikannya saat berbaring agar bengkak cepat berkurang, dan dapat dibantu dengan penggunaan perban elastis.

Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter agar dilakukan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan penunjang lain seperti rontgen jika diperlukan agar diketahui penyebab nyeri pada jari anda.

Tindakan memijat daerah yang terkilir justru dapat memperburuk reaksi radangnya sehingga tidak bijaksana untuk melakukannya terutama saat masih terjadi peradangan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar Jari Terkilir, semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar