Sukses

Dampak X-Ray Pada Ibu Hamil

07 Jun 2018, 13:01 WIB
Pria, 32 tahun.

Sore doc..sy mo nanya..apa efek klo ibu hamil masuk kruagan untuk mnemani pasien yg mau scan xray

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Dampak X-Ray Pada Ibu Hamil melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Pemeriksaan X-Ray memang sebaiknya tidak dilakukan pada wanita yang sedang hamil. Hal ini terutama ditujukan pada 3 bulan pertama kehamilan karena trimester pertama adalah saat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan organ janin. Gangguan pada fase tersebut dapat menyebabkan kecacatan.

Namun pada kehamilan trimester akhir, apabila memang diperlukan, pemeriksaan x-ray dapat dikerjakan di bawah pengawasan dokter. Level radiasi yang diterima oleh janin akan tergantung dari jenis pemeriksaan yang dikerjakan, daerah mana yang dilakukan pemeriksaan, dan berapa kali mengerjakan pemeriksaan tersebut.

Sebagai contoh, radiasi melebihi 10 rad menunjukkan peningkatan gangguan mata dan keterbelakangan mental pada janin. Pemeriksaan roentgen dada sendiri memiliki level radiasi 290 milirads dan sekitar 800 milirads pada CT-scan. Satu rad sendiri setaraf dengan 1000 milirads. Jadi memang sangat jarang pemeriksaan x-ray melampaui level vital untuk janin.

Jadi jika hanya 1 kali rontgen tidak berbahaya bagi janin Anda. Namun, untuk memantau tumbuh kembang janin, sebaiknya lakukan pemeriksaan USG secara berkala, minimal 1x/semester kehamilan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Dampak X-Ray Pada Ibu Hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar