Sukses

Terlambat Haid, Test Pack Negatif

07 Jun 2018, 10:24 WIB
Pria, 23 tahun.

Selamat pagi dokter saya mau nanya dok saya sudah sering telat datang bulan paling lama saya telat datang bulan sekitar 1,saya sudah menikah sebelumnya saya pernah keguguran pada bulan februari 2017 thun lalu,,, setiap saya telat datang bulan setelah di testpack hasilnya neganif trus,kira2 apa penyebabnya ya dokter terimaksaih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya dokter

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda

Salah satu penyebab terlambat datang bulan adalah kehamilan. Namun tidak pasti. Banyak hal yang dapat menyebabkan siklus haid menjadi terlambat, antara lain:

1. Kehamilan

2. Stress dan depresi

3. Nutrisi yang kurang

4. Penurunan berat badan berlebihan

5. Olahraga berlebihan

6. Obesitas

7. Gangguan hipotalamus dan hipofisis sehingga terjadi ketidak seimbangan hormon dalam tubuh

8. Gangguan indung telur

9. Penggunaan obat-obatan, seperti obat antidepresi, kortikosteroid, kontrasepsi hormonal, dll

10. Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

Untuk memastikan kehamilan tersebut maka digunakanlah pemeriksaan kehamilan menggunakan test pack. Pemeriksaan test pack didasarkan atas deteksi marker kimiawi dalam tubuh yang disebut dengan human chorionic gonadotropin (hCG). Pemeriksaan dengan menggunakan test pack tidak dipengaruhi oleh waktu pemeriksaan (pagi/siang/sore/malam). Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan tingkat keakuratan mencapai 99%. Bahkan garis tipis saja sudah menunjukkan hasil yang positif. Namun pada beberapa kasus dapat terjadi yang disebut dengan keadaan negaif paslu pada pemeriksaan menggunaka test pack, dimana hasil pemeriksaan selalu negatif walaupun Anda merasa terdapat tanda-tanda kehamilan.

Beberapa penyebab terjadinya hasil negatif palsu adalah akibat kesalahan teknik pemeriksaan, terlalu lama mencelupkan strip, atau apabila kadar hormon B-hCG dalam urin belum mencukupi. Masih ada kemungkinan muncul hasil yang negatif akibat masih rendahnya kadar hormon yang ada. Dalam keadaan tersebut, ulang pemeriksaan 1 - 2 minggu kemudian, atau langsung melakukan pemeriksaan kadar hormon B-hCG dalam darah untuk hasil yang lebih akurat, jika memang masih belum menstruasi.

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah menstruasi terlambat, meskipun terkadang mungkin saja terjadi hasil dari pemeriksaan adalah negatif karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Adapun untuk memastikan telah terjadinya kehamilan, terdapat beberapa tanda pasti kehamilan, diantaranya ialah:

  • terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  • terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  • terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Dengan demikian untuk memastikan apakah terjadi kehamilan atau tidak, sebaiknya perlu didukung dengan dilakukannya pemeriksaan pasti pada kehamilan. Kami sarankan Anda untuk melakukan test pack ulang satu minggu kedepan.Selain itu bila Anda telah terlambat haid lebih dari dua minggu maka kami sarankan Anda berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut terhadap keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar