Sukses

Keputihan Campur Darah Setelah Menggunakan IUD

07 Jun 2018, 09:54 WIB
Wanita, 28 tahun.

dok saya bln januari melahirkan dgn sc lngsng pakai iud kenapa ya smpe skrng msh keluar keputihan campur flek gitu... sesudah menstruasi bersih tdk lma keluar lg keputihan campur flek kdng darah dok...

Terima kasih telah bertanya seputar Keputihan Campur Darah Setelah Menggunakan IUD menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Efek samping dari metode kontrasepsi IUD (KB spiral) copper T adalah nyeri, perdarahan dan peningkatan jumlah darah menstruasi. Jarang sekali menyebabkan keputihan, meskipun dapat saja terjadi. 

Keputihan sendiri, atau dalam bahasa medis disebut fluor albus, adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara fisiologis/normal dan secara patologis. Yang dimaksud dengan keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Keputihan yang patut diwaspadai jika timbul gejala meningkatnya jumlah cairan vagina dari biasanya hingga terus menerus muncul dan acapkali mengganggu, berbau amis, apek, busuk, berwarna putih susu, kuning tua, coklat, kehijauan bercampur darah. Cairan vagina yang tidak normal juga ditandai dengan konsistensi encer, berbuih hingga kental menggumpal seperti susu basi.

Jika keputihan Anda warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan maka masih termasuk dalam keputihan yang normal. Nampaknya, keputihan Anda masih termasuk keputihan yang normal.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter untuk memeriksakan keputihan Anda bila sangat mengganggu, Dengan pemeriksaan langsung dan pemeriksaan laboratorium yang diperlukan, dapat ditentukan apakah keputihan Anda termasuk keputihan normal atau patologis.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar