Sukses

Penyebab Gatal

07 Jun 2018, 09:22 WIB
Wanita, 23 tahun.

Selamat malam dok saya mau tanya, Terkadang bagian tubuh saya kan ngerasain gatal², kadang di bagian belakang lutut, di belakang paha, selangkangan, dan kadang juga di semata daerah kewanitaan dok.. Saya sudah rajin mengobati manakala gatalnya sudah terasa atau meruam. Kemudian katanya kan gatal yg saya alami itu kan mudah tersebar, semisal saya akan berhubungan intim dengan suami saya (ketika gatalnya sudah hilang) itu gimana dok, apakah akan menyerang kulit suami saya juga? Terimakasih

Terimakasih telah bertanya seputar kulit gatal melalui fitur Tanya Dokter.

Kami ingin bertanya terlebih dahulu apakah gatal-gatal yang dialami disertai kelainan kulit yang jelas seperti kemerahan atau muncul bentol seperti biduran, kulit bersisik atau yang lainnya?

Sulit bagi kami untuk menentukan kondisi yang Anda alami karena kami tidak dapat memeriksa langsung dan mewawancara Anda lebih dalam.

Secara umum penyebab gatal di kulit dapat berupa alergi, iritasi, hingga kondisi medis seperti penyakit hati, penyakit ginjal, dan diabetes. Yang dapat Anda lakukan saat ini adalah mencari faktor pencetus timbulnya gatal dan menghindari faktor pencetus tersebut. Berbagai hal yang dapat menjadi faktor pencetus adalah cuaca dingin, makanan tertentu, kondisi stress emosional, dsb.

Kami tidak dapat menentukan apakah keluhan gatal ini dapat menular ke suami anda, karena penyebabnya pun belum diketahui. Bila gatal muncul lebih sering dengan intesitas yang lebih berat dan gejala sangat mengganggu, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit yang ahli alergi.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar kulit gatal. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar