Sukses

Robekan Urat Lutut

07 Jun 2018, 09:19 WIB
Wanita, 24 tahun.

Urat lutut kaki robek. Dok, saya jatuh uda 2 bulanan dan kata dokter urat lutut saya robek. Saya mau nanya klw sudah 2 bulan jatuh apakah lutut masih tetap di kompres sama es atau di kompress air hangat? Krn lutut saya kadang-kadang masih suka ngilu. Saya masih bingung krn ada yg bilang dgn es batu dan ada yg bilang air hangat. Mohon penjelasannya dok. Terimakasih.

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya menggunakan fitur Tanya Dokter

Kebanyakan meniscus tear/injury atau trauma pada meniscus yaitu urat lutut tidak dapat sembuh tanpa intervensi. Intervensi yang dilakukan bisa mulai dari terapi konservatif dan/atau operasi, dipilih berdasarkan besarnya robekan, umur, level aktifitas, lama gejala, pekerjaan, dan trauma lain yang menyertai.

Konservatif terapi dapat dicoba pada semua kasus, kecuali kasus yang berat. Terapi dapat dimulai dari istirahat dengan modifikasi aktivitas yang dapat didiskusikan dengan dokter spesialis orthopedi atau spesialis rehabilitasi medis yang menangani Anda. Kompres es, dan konsumsi obat NSAID (obat antiinflamasi golongan non-steroid) juga dapat diberikan. Tujuan terapi ini adalah untuk menimalisir efusi, menormalkan cara berjalan dan gerakan tungkai tanpa nyeri, mencegah atrofi otot (atau mati otot), menstabilkan jalan, dan menjaga kesehatan kardiovaskular.

Tentunya terapi konservatif ini tetap harus dilakukan dibawah pengawasan dokter untuk mencegah terjadinya komplikasi atau perburukan yang tidak diinginkan.

Bila terapi konservatif tidak dapat mengurangi atau menghilangkan gejala sehingga Anda tidak dapat beraktifitas seperti normal, bekerja, atau melakukan olahraga, maka terapi operasi sebaiknya dipertimbangkan. Operasi direkomendasikan terutama untuk robekan meniskus yang menimbulkan gejala karena robekan yang tidak diterapi dapat melebar ukurannya, dan dapat merusak jaringan sekitarnya seperti tulang rawan sekitar dan menimbulkan artritis.

Besarnya operasi ditentukan dengan tipe operasi yang digunakan oleh dokter orthopedi Anda. 

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar