Sukses

Pemilihan Metode Sunat
07 Jun 2018, 08:53 WIB
Wanita, 36 tahun.

Selamat sore dokter, sy berencana akan menyunatkan anak saya laki2 yg berumur 11 tahun, cm sy sdg bingung terkait metode mana yg aman dan tepat untuk anak saya. Krn ada bbrp metode yg ditawarkan, metode konvesional, laser dan smart klamp. Qra2 yg paling aman dan nyaman yg mana ya dok? Krn sy ada bc bbrp artikel klo yg smart klamp dan laser berbahaya thd penis sang anak spt menimbulakn bakteri dan kuman yg berakibat fatal shg tjd komplikasi yg berujung amputasi,nah ini yg bikin sy jd bingung krn kan klo yg smart klamp dikatakan bisa lbh cepat penyembuhannya dibanding yg konvesional,tapi kok ada artikel spt ini jd bikin sy bingung. Enaknya bagaimana ya dokter? Terimakasih.

Terima kasih telah bertanya seputar pemilihan metode sunat menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sunat / Sirkumsisi merupakan suatu prosedur yang bertujuan untuk membuang bagian ujung dari kulit penis. Hal ini selain merupakan tradisi suatu agama tertentu, juga memiliki beberapa manfaat. Dengan disunat, pada umumnya sensasi kenikmatan seksual yang dirasakan akan lebih baik. Selain itu terdapat bukti bahwa dengan disunat dapat mengurangi risiko untuk terkena beberapa penyakit menular seksual dan HIV. Selain itu, dari segi higienitas, umumnya seseorang yang disunat akan memiliki higienitas yang lebih baik.

Pada umumnya tindakan Sirkumsisi tidak akan menimbulkan kelainan pada fungsi alat kelamin karena yang dibuang hanyalah bagian ujung dari kulit luar penis. Akan tetapi, seperti halnya prosedur pembedahan lain, apabila tidak dilakukan dengan hati-hati juga dapat timbul kecelakaan yang dapat menimbulkan luka/perubahan bentuk seperti yang Anda alami saat ini.

Metode sunat:

1. Metode Konvensional

Metode konvensional merupakan metode yang banyak digunakan, metode ini menggunakan gunting serta jahitan. Kebersihan atau kesterilan dari cara ini tergantung dokter yang melakukan. Semua dokter yang berkomepetensi dapat melakukan metode ini dan dapat dilakukan dengan fasilitas terbatas. Metode konvensional penyembuhannya lebih lama sekitar 7 hari dan tidak boleh kena air.

2. Metode Electric Cauter

Yaitu sunat dengan menggunakan energi panas. Keuntungan dari metode ini adalah lama prosedur yang cepat dan bersih, dalam arti, tidak keluar darah dalam jumlah banyak.

3. Metode Smart Clamp

Smart klamp adalah metode sunat terbaru dari jerman yang sekarang ini populer dikalangan medis dan masyarakat,sunat metode ini menggunakan alat seperti penjepit yang terpasang di kulit penis yang akan disunat.

Berikut adalah beberapa keunggulan dan kelemahan metode Smart Clamp.

Keunggulan :

  1. Khitan tanpa pendarahan, tanpa jahitan sehingga mengurangi resiko penularan penyakit Aids/Hepatitis.
  2. Pelaksanaan khitan membutuhkan waktu yang sangat cepat 5 - 10 menit.
  3. Anak bisa langsung dibawa pulang.
  4. Anak dapat langsung beraktifitas seperti biasa (bermain, sekolah, mandi dll).
  5. Alat sangat ringan karena terbuat dari plastik.
  6. Dapat buang air kecil secara biasa (melalui tabung).
  7. Tersedia dalam berbagai ukuran sehingga dapat digunakan pada usia bayi, anak sampai dewasa.

Kekurangan :

 1. Alat terpasang selama 5 hari padahal jika sunat biasa 3 hari sudah kering dan proses sudah mulai selesai   

2. Resiko robekan kulit jepitan setelah alat dilepas,karena sunat pada metode ini tidak ada jahitan,maka setelah alat dilepas sudah tidak ada lagi penahannya,sehingga jika penis pasien ereksi,resiko terjadi robekan masih ada,sehingga metode ini tidak kita sarankan pada sunat dewasa    

3. Pelepasan tabung yang lebih rumit,setelah 5 hari smart kalamp akan dilepas,berdasarkan pengalaman pelepasan tabung sering sulit dan menimbulkan nyeri

 

Mengenai pilihan balik lagi ke masing-masing orang tua dan anak. Untuk itu kami menyarankan Anda untuk mengunjungi dokter spesialis bedah atau spesialis bedah anak, sehingga Anda dapat berkonsultasi langsung mengenai kondisi anak Anda. 

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar metode sunat, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar