Sukses

Anak Ketergantungan Belanja

07 Jun 2018, 07:45 WIB
Wanita, 19 tahun.

Siang Dok, saya memiliki adik perempuan berusia 6 tahun. Dia memiliki ketergantungan untuk belanja. Hampir setiap hari adik saya harus berbelanja ke minimarket. Dan Ayah saya selalu menurutinya, karena jika tidak dituruti adik saya akan marah dan menangis. Saya dan Ibu saya tidak setuju dengan pola asuh Ayah saya terhadap adik saya tsb. Bagaimana saran dari Dokter terhadap pola asuh Ayah saya? Saya ingin adik saya tidak ketergantungan.

Terima kasih telah bertanya seputar ketergantungan belanja pada anak menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah adik Anda senang berbelanja ke minimarket untuk membeli barang atau makanan tertentu? atau hanya untuk sekedar jalan-jalan saja? 

Apakah dengan jajan di minimarket pola makannya menjadi terganggu?

Mungkin adik Anda belum bisa dikatakan ketergantungan "belanja" karena dibutuhkan wawancara medis dan pemeriksaan lebih mendalam dengan dokter psikiatri ataupun psikolog anak mengenainya. 

Yang perlu diingat ialah, anak-anak memang senang jika permintaannya dituruti. Namun, bukan berarti semua permintaan anak harus dituruti. Dalam hal ini peran ibu dan ayah sangat penting terutama harus ada persamaan pola asuh sehingga anak tidak bingung. Cobalah untuk berbicara baik-baik dengan adik Anda, contohkan hal yang baik baginya, karena anak-anak merupakan peniru ulung. 

Ketika anak sedang merajuk, cobalah untuk memberikan pengertian padanya. Tak perlu dengan nada tinggi atau hingga membentak, apalagi sampai memukul anak. Lakukanlah secara perlahan, dengan nada yang lembut, namun dapat dimengerti sepenuhnya oleh si Kecil.

Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat membaca artikel berikut:

Mendidik Anak Bungsu agar Tidak Manja

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar