Sukses

Penularan Campak dari Suami ke Istri yang Sedang Hamil

07 Jun 2018, 07:35 WIB
Pria, 26 tahun.

Assalamualaikum dok Saat ini saya terkena campak dan seminggu sblmnya waktu bintik bintik blum muncul dan blum ada tandanya kalo saya terkena campak, saya berhubungan badan dengan istri saya (sperma keluar di luar) yang sedang hamil 5bulan lebih, Apakah virus campak bisa berdampak pada anak saya dok (janin), dari artiket yang saya baca bsa menyebabkan cacat apa benar? Mohon pencerahannya

Terima kasih telah bertanya seputar penularan campak menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memhami kekhawatiran Anda. Campak merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang sangat mudah menular melalui percikan batuk atau bersin dari penderita campak lainnya. Penderita campak akan memperlihatkan keluhan awal seperti gejala-gejala flu, yaitu demam, hidung berair/tersumbat, batuk, mata merah, sakit otot. Gejala-gejala tersebut akan berlangsung selama 3-5 hari, kemudian diikuti oleh  munculnya ruam (merah-merah) pada seluruh badan yang awalnya akan muncul di di belakang telinga dan mulai menyebar ke bagian tubuh lain dalam waktu 1-2 hari. Ruam tersebut akan menghilang secara berangsur-angsur dalam waktu sekitar 4 hari.

Penularan penyakit ini akan terjadi dalam waktu 2-4 hari sebelum ruam kulit muncul hingga 4 hari setelah ruam kulit muncul, karena itu jauhkanlah anak anda dari anak-anak, ibu hamil atau orang-orang lain yang belum pernah menderita campak untuk menghindari penularan kepada orang lain. Seseorang yang sudah pernah menderita campak, seumur hidupnya akan kebal terhadap penyakit ini.

Infeksi virus campak pada saat kehamilan dapat meningkatkan resiko keguguran pada trimester pertama, kecacatan pada bayi, berat badan bayi lahir rendah, melahirkan prematur, atau bahkan kematian janin. Namun, jika ibu hamil pernah di vaksin campak sebelumnya maka kemungkinan tertular lebih kecil dibandingkan yang tidak divaksin.

Jika ibu hamil mengalami gejala campak atau kontak dengan penderita campak sebaiknya segera memeriksakan diri kembali dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Jika sudah terkena infeksi campak saat hamil, maka tidak ada pencegahan yang bisa dilakukan. Yang terpenting adalah jaga daya tahan tubuh Anda agar Anda tidak mudah sakit. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang campak saat hamil. Semoga bermanfaat untuk Anda.

0 Komentar

Belum ada komentar