Sukses

Penanganan Pulpa Polip Didalam Lubang Gigi

06 Jun 2018, 15:08 WIB
Pria, 18 tahun.

Dokter saya mengalami mengeluarkan darah di bagian dalam mulut, seperti ada benjolan kecil di dalam gigi berlubang saya, kenapa ya dok

Terimakasih telah bertanya seputar penanganan pulpa polip didalam lubang gigi melalui fitur Tanya Dokter dan mohon maaf dalam keterlambatan dalam penjawaban.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami anda mengalami pulpa polip. Sebelum menjawab kami akan menjelaskan sedikit tentang pulpa polip. Pada gigi yang normal, ruang pulpa yang berisi pembuluh darah, syaraf, dan sel-sel lain ditutupi oleh jaringan keras gigi yaitu email dan dentin. Bila terjadi lubang gigi yang mencapai pulpa, rongga pulpa ini terhubung langsung dengan rongga mulut, akibatnya dapat terjadi infeksi dan peradangan. Polip tersebut adalah reaksi pulpa secara berlebihan terhadap peradangan. Karena pulpa gigi masih vital, maka dapat berdarah dengan sentuhan ringan atau saat menyikat gigi. Dan dapat membuat bau nafas kurang sedap karena proses pembusukan gigi tersebut. Ditambah lagi bila kebersihan mulut Saudara kurang baik.

Pada pulpa polip tidak semua gigi yang tedapat pulpa polip harus dicabut. Dokter gigi akan terlebih dahulu menilai kondisi gigi anda, apabila tidak perlu dicabut maka Gigi tersebut masih dapat diselamatkan dengan perawatan saluran akar, dimana polip diangkat, saluran akar dibersihkan lalu diisi dengan bahan pengisi saluran akar, lalu lubang gigi ditutup dengan restorasi. Pencabutan gigi tersebut adalah pilihan yang paling akhir, bila tindakan lain sudah tidak dapat dilakukan.

Jika pulpa polip dibiarkan maka polip akan semakin besar dan artinya anda membiarkan jalur antara saluran akar gigi dan rongga mulut terbuka, sehingga sangat resiko untuk menjadi infeksi kemudian bengkak yang lebih besar lagi. Pada pulpa polip yang sudah membesar dan menutupi hampir seluruh permukaan gigi maka kemungkinan yang terburuk adalah gigi termasuk pulpa polip harus diangkat.

Saran kami agar anda segera periksakan pulpa polip anda ke dokter gigi supaya dapat dilakukan perawatan saluran akar. Karena pulpa polip yang tidak dirawat bisa menimbulkan pelebaran infeksi sampai ke organ-organ lain disekitarnya, seperti dagu dan rahang bawah.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai penanganan pulpa polip didalam lubang gigi, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar