Sukses

Nutrisi Setelah Operasi Sesar

06 Jun 2018, 10:12 WIB
Wanita, 29 tahun.

Istri saya baru slesai operasi cesar tanggal 4 bulan 5 lalu dokter, apakah sudah bisa makan nasi biasa atau tetap makan bubur? Dan skarang dia susah BAB,, solusinya gmna dokter??? Tolong pencerahannya

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

 

Sectio caesarea (SC) adalah merupakan suatu tindakan pembedahan untuk melahirkan janin dengan membuka dinding perut dan dinding rahim. Waktu penyembuhan yang diperlukan setelah operasi caesar bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu.

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan nutrisi seimbang penting bukan hanya terkait proses penyembuhan luka operasi Anda namun juga untuk keseimbangan nutrisi ASI Anda selama masa menyusui. 

Telur dan Daging memang merupakan bahan makanan sumber protein yang baik. Anda dapat menjelaskan pada orang tua Anda bahwa anggapan konsumsi terlu dan daging dakan memperlambat proses penyembuhan luka merupakan mitos. Anda dapat menjelaskan bahwa dalam dunia medis justru diperlukan asupan protein yang seimbang untuk mendukung penyembuhan luka dan telur serta daging merupakan bahan makanan yang baik sebagai sumber protein.

Namun, jika orang tua Anda tetap juga tidak mau menerima penjelasan Anda, maka Anda dapat menyiasatinya dengan mengganti bahan makanan sumber protein dengan ikan, makanan laut (kerang, udang, kepiting), tahu, tempe, kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kacang merah).

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki untuk panduan makanan Anda. Kami sertakan juga artikel Info Nutrisi: Protein untuk informasi lengkap bahan makanan sumber protein.

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar