Sukses

Setelah Lepas Retainer Gigi Kembali Renggang

06 Jun 2018, 10:50 WIB
Pria, 25 tahun.

Selamat siang dok, bila seseorang melakukan perawatan gigi dengan behel dimana kondisi gigi sebelum di behel terdapat spasi antar gigi depan (renggang), setelah behel tersebut dilepas (atas saran dokter ortho) dan memakai retainer selama setahun namun kembali lagi renggang padahal sudah melakukan operasi gusi (atas saran dokter ortho). Apa yg sebaiknya harus dilakukan dok? apa boleh dipasang behel lagi?

Terimakasih telah bertanya seputar setelah lepas retainer gigi kembali renggang melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, pendapat kami anda boleh-boleh saja memasang behel lagi. Penggunaan retainer sesudah melepaskan kawat gigi bertujuan untuk mempertahankan posisi dan hubungan gigi-geligi yang sudah rapi dan harmonis antara gigi atas dan bawah. Gigi selalu memiliki kecenderungan untuk bergerak karena adanya gaya saat melakukan gerakan pengunyahan. Berapapun usia pasien, setelah perawatan orthodontik selesai dan alat dilepas, tetap berpotensi untuk relaps. Apalagi pada pasien yang masalahnya tidak sebatas gigi (dental) saja tapi juga tulang rahang (skeletal), misalnya rahang bawah yang lebih maju dan menyebabkan gigitan menjadi edge to edge atau gigitan silang/crossbite.

Ada baiknya Anda kembali berkonsultasi kembali ke dokter gigi spesialis orthodonti, perawatan apa yang dapat dilakukan pada kondisi sekarang Anda alami. Jika anda memutuskan untuk memasang behel lagi, pastikan setelahnya anda bukan memakai retainer yang lepasan, melainkan yang ditempel ke bagian dalam dari gigi. 

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai setelah lepas retainer gigi kembali renggang, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar