Sukses

Nyeri Pinggang Kiri

06 Jun 2018, 09:16 WIB
Wanita, 42 tahun.

dok... saya kok sering merasakan nyeri pinggang sebelah kiri ya, pernah periksa d poli saraf katanya tidak ada gangguan apa² (saraf normal) trus d terapi tpi tidak ada kemajuan malah sekarang sering nyeri, kira² kenapa ya dok.... makasih

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan nyeri pinggang kiri dapat disebabkan oleh banyak hal, yaitu kelainan otot, persarafan, ginjal. Kami membutuhkan beberapa informasi sebelum menegakkan diagnosis. Sejak kapan keluhan dirasakan? Apakah keluhan tersebut disertai dengan keluhan BAK atau buang air kecil (ada pasir, darah, sulit BAK, nyeri BAK, dll)?  Apakah durasi nyeri lama? Bagaimana sifat nyeri (seperti ditusuk; sangat nyeri; berdenyut; dll)? Apakah nyeri menjalar ke bagian tubuh lain? Apakah ada gejala lain seperti nyeri pada kaki, kesemutan, kelemahan di salah satu kaki?

Nyeri pinggang kiri paling sering disebabkan oleh batu ginjal atau terjepitnya syaraf di punggung (HNP). HNP (Hernia Nucleosus Pulposus) atau saraf terjepit perlu ditangani secara serius karena jika tidak ditangani secara serius maka dapat mengakibatkan komplikasi yang tidak diinginkan. 

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

Biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerjaSelalu perhatikan posisi duduk atau berdiri yang benarSaat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakangOlahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.Hindari olaharaga yang memberikan beban pada tulang belakang seperti lari dan mengangkat beban yang justru akan memperparah nyeri, seperti lari atau angkat bebanTidur dalam posisi lurus, sebaiknya di atas kasur/alas yang kerasCoba latihan kekuatan otot punggung/latihan core seperti plank, side plank, bridge.Kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik. Diperlukan wawancara medis yang mendetil serta pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan untuk melakukan diagnosis yang akurat. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam, 

 

0 Komentar

Belum ada komentar