Sukses

Gatal Pada Telapak dan Jari Kaki

05 Jun 2018, 21:34 WIB
Wanita, 16 tahun.

Selamat pagi,siang,sore,malam . Saya mohon ijin bertanya . Saya sudah cukup lama sekitar 1-2 bulan mengalami gatal gatal pada telapak kaki dan jari kaki tengah yang menyebabkan kulit menjadi kering mengelupas , dan berdarah terutama pada jari kaki tengah sebelah kanan . Saya mencoba untuk mengurangi gatal dengan obat BENOSON yang biasa saya pakai karena memang saya memiliki alergi kulit tetapi menurut saya ini hal yang tidak biasa . Apakah ada saran untuk saya ? Apakah bisa melakukan pengobatan mandiri ? Atau hal ini cukup berbahaya ? Sekian dari say terimakasih

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter

Kami mengerti bahwa anda merasa terganggu dengan keluhan yang anda alami. Pertama izinkan saya menjelaskan tentang berbagai diagnosis yang berhubungan dengan keluhan gatal.

Keluhan gatal di kulit dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat dermatitis, infeksi jamur, alergi atau infeksi lain.

  • Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan).
  • Infeksi jamur pada kaki (tinea pedis)--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan.
  • Alergi

Karena kemiripan jenis kelainan kulit maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang (laboratorium). Untuk itu jika keluhan dirasa mengganggu, kunjungilah dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis tepat dan penanganan medis yang sesuai. 

Kami tidak menyarankan anda memakai obat salep tersebut karena belum tentu penyebab gatal pada kaki anda disebabkan oleh alergi, bahkan jika salah pengobatan dapat menyebabkan gambaran lesi kulit anda menjadi kabur, sehingga menyulitkan diagnosis dan pengobatannya menjadi tidak efektif dengan obat-obat biasa. Kami sarankan agar anda memeriksakan diri ke dokter terlebih dahulu sebelum memakai salep tersebut.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar jari kaki gatal , Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar