Sukses

Bronkopneumonia pada Anak

05 Jun 2018, 14:50 WIB
Wanita, 24 tahun.

Siang dok, izin bertanya. Awalnya saya hanya ingin memerikasakan anak saya karna demam yg gak turun2, setelah di bawa ke sp. Anak dokter bilang katanya anak sy terkena bronkitis dan harus di opname. Dan di anjurkan untuk rontegn. Lalu selang beberapa jam anak saya BAB dan di sarankan untuk chek lab karna bab dengan warna hijau dan konsistensi lembek. Hasil dari kedua pemeriksaan katanya anak sy terkena bronchopneumonia ( tampak infiltrat di suprahiler dan paradikal paru kanan/kiri) Dan juga katanya terdapat jamur di pencernaanya. Dok, untuk penyakit ini membahayakan tumbuh kembang anak saya tidak, kemungkinan bisa terulang lg dan bisa sembuh total tidak dok. Terimakasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Bronkopneumonia pada Anak melalui fitur Tanya Dokter.

Berapakah usia anak Anda saat ini? Sayang sekali informasi yang Anda sampaikan kurang lengkap. 

Pada anak, radang paru dalam dunia medis dikenal sebagai bronkopneumonia. Bronkopneumonia atau sering disebut pneumonia pada anak-anak merupakan peradangan yang mengenai parenkim (jaringan) paru, pada bagian terjauh dari bronkiolus terminalis yang mencakup bronkiolus respiratorius, dan alveoli, serta menimbulkan konsolidasi (saling menempel) jaringan paru dan gangguan pertukaran gas setempat.

Pneumonia disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, penyebab terseringnya adalah bakteri (S.pneumonia, H.influenza, S.aureus, P.aeruginosa, M.tuberculosis, M.kansasii, dsb), namun dapat juga disebabkan oleh jamur (P.carinii, C.neoformans, H.capsulatum, C.immitis, A.fumigatus,dsb), protozoa (toksoplasma) serta virus (CMV, herpes simpleks).

Kuman penyebab biasanya berbeda di antara satu daerah dengan daerah lainnya, juga berkaitan dengan interaksi faktor-faktor terjadinya infeksi, cara terjadinya infeksi serta perubahan keadaan pasien seperti gangguan sistem imun, adanya penyakit kronik, polusi lingkungan dan juga penggunaan antibiotik yang tidak tepat.

Infeksi ini disebabkan oleh bakteri (kuman) yang menyerang paru-paru anak. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah pemeriksaan rontgen, dapat juga kultur untuk melihat terdapat bakteri apa, serta pemeriksaan darah lengkap.

Pengobatan yang dapat dilakukan adalah :

AntibiotikBila dicurigai disebabkan oleh infeksi virus (terutama pada anak-anak dibawah 2 tahun) maka dapat diberikan obat anti-virusBila sangat sesak, dapat dirawat di rumah sakit, dan diberikan oksigen, serta infusBanyak kasus anak baru sembuh ketika dilakukan uap/nebulizer pada anak.Status gizi juga harus diperhatikan, pemberian vitamin, makan serta minum yang cukupPneumonia atau bronkopneumonia dapat disembuhkan apabila mendapatkan pengobatan yang adekuat. Untuk mendapat pengobatan yang tepat dan adekuat, kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis anak. Jika setelah mendapatkan pengobatan yang adekuat dan tidak lagi didapatkan gejala gangguan saluran napas, maka anak kemudian dapt dikatakan sembuh setelah dipastikan oleh dokter yang menanganinya.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bronkopneumonia pada Anak. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar