Sukses

Menghilangkan Bekas Bopeng

05 Jun 2018, 14:20 WIB
Wanita, 18 tahun.

Dok, saya ingin bertanya.? saya mengalami entah itu penyakit atau kelainan pada kulit saya , menurut dokter yg saya kunjungi setiap ke puskesmas saya alergi terhadap Mkanan berbahan dasar Ayam, Tapi saya mengalami penyakit kulit ini sejak kecil, di mulai dari gatal gatal hingga koreng pada kulit saya dan Saya serin mengalami Eksim kering hingga basah, sampai 3 tahunberturut2 , setelah sekian lama eksim itu hilang, lalu Setelah saya beranjak dewasa eksim itu kembali lagi, dn skrng setiap saya sedang menstruasi saya suka terkena bisul bisul dan jerawat?? Penyakit apa yg saya alami dan saya ingin Solusi agar bekas luka atau bopeng pada kulit saya menghilang? Kira kira penanganan nya gimana ya dok? Terima kasih,

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Menghilangkan Bekas Bopeng melalui fitur Tanya Dokter.

Bekas jerawat dapat berupa jaringan keloid yang menonjol atau berupa lapisan kulit yang masuk ke dalam. Bekas jerawat dapat dihilangkan dengan beberapa cara, misalnya dengan terapi laser, dermabrasi, dll. Namun, penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat.

Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat. Selain itu, sebagai cara menghilangkan bekas jerawat, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat yang diresepkan oleh dokter spesialis kulit dan kelamin. Kemudian cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu melalui prosedur chemical peeling. Kedua prosedur tersebut (krim malam yang mengandung asam retinoat dan chemical peeling) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul.

Namun, sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi/kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Menghilangkan Bekas Bopeng. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar