Sukses

Sakit Tenggorok, Bau Mulut, Terasa Mengganjal di Dada Atas
05 Jun 2018, 11:59 WIB
Wanita, 52 tahun.

Kalau makan sering mengalami sakit di sekitar tenggorokan dan dada ketika menelan, bau mulut, terasa ada yang mengganjal di dada bagian atas

Terima kasih telah bertanya seputar sakit tenggorok saat menelan, bau mulut, terasa mengganjal di dada atas menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Kondisi yang Anda alami dapat disebabkan oleh refluks asam lambung ke kerongkongan sehingga menyebabkan iritasi. Apakah disertai suara serak juga? 

Jika refluks asam lambung mengenai pita suara, dapat menimbulkan keluhan suara serak, tenggorokan mengganjal, nyeri tenggorok, batuk dan perasaan mengganjal di tenggorok. Kondisi ini dikenal sebagai laringofaringeal refluks (LPR). Akibat refluks lambung juga bisa dirasakan sensasi dada terasa panas. 

Pada penderita refluks lambung, terjadinya keluhan dipicu oleh hal-hal yang meningkatkan asam lambung, seperti saat terlambat makan, stres, setelah mengkonsumsi kopi, dll.

Hingga saat ini, pengobatan yang dianjurkan untuk mengatasi refluks asam lambung adalah dengan obat-obatan golongan proton pump inhibitor, seperti omeprazole, lansoprazole, dll. Obat ini dapat diminum 1x/hari, 30 menit sebelum makan. Obat ini dapat dikonsumsi selama 1-2 minggu dan dilihat respon yang terjadi. Pengobatan dikatakan berhasil jika terdapat perbaikan gejala, meskipun belum sembuh total. Penyakit ini dapat dikontrol agar tidak sering kambuh.

Selain dengan obat-obatan tersebut, Anda juga perlu untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, seperti :

  1. Makan secara teratur, dengan frekuensi sering dan porsi kecil-kecil
  2. Jangan langsung tidur setelah makan malam
  3. Hindari rokok dan alkohol serta minuman bersoda lainnya
  4. Hindari stres
  5. Tidur cukup 8 jam/hari
  6. Olahraga teratur, minimal 3x/minggu masing-masing selama 30menit.

Dengan melakukan kombinasi terapi dengan obat-obatan dan perubahan gaya hidup, diharapkan masalah Anda dapat lebih teratasi.

Kami sarankan Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter spesialis telinga hidung tenggorok (THT) untuk memastikan diagnosis dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar