Sukses

Bercak Putih di Wajah

05 Jun 2018, 11:51 WIB
Pria, 23 tahun.

Jadi begini dok,saya berumur 23thn saya kerja harian lepas di perusahaan kontraktor pembuatan marka jalan,awal saya kerja saya ga pakai masker,debu cat marka jln mungkin terkena muka saya dan biji besi yg sering terkena muka saya jg,saya sehari kerja langsung sakit DBD,saya beberapa minggu yg lalu habis rawat inap karna sakit DBD,selama saya DBD di rawat inap saya tak pernah mandi atau membasahi muka selama seminggu,setelah dokter menyuruh saya pulang karena sembuh dari dbd,setelah hari ke 2 d rumah pasca sembuh dbd,di muka kiri saya ada BERCAK PUTIH DAN BERSISIK tapi tidak gatal,tidak mati rasa,saya lalu dtang ke dokter spesialis kulit,dokter speasialis kulit mendiagnosa saya bhwa saya terserang DERMATITIS SEBOROIK lalu saya di beri obat krim(MOMETASONE FUROATE) dan obat tablet(CETIRIZINE HCL) setelah saya rajin mengoleskan obat krim selama 3hari yg BERSISIK itu hilang tapi yg BERCAK PUTIH seperti panu tidak hilang Yg saya tanyakan,apakah benar saya menderita dermatitis seboroik atau karena penyakit kulit lain? Kok sudah seminggu bercak putih saya tidak hilang ya dok? Bagaimana ya cara mengobatinya? Terima kasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Bercak Putih di Wajah melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum menjawab pertanyaan Anda,ijinkan kami mengajukan beberapa pertanyaan. Sudah berapa lama berlangsung? Bagaimana ukurannya? apakah disertai rasa gatal / baal ? apakah muncul setelah terjadi luka di daerah wajah ?Bercak keputihan yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah hilangnya / berkurangnya warna kulit. Hal ini disebabkan berkurangnya sel melanosit di kulit akibat dari berkurangnya asam amino tirosin yang digunakan melanosit untuk membuat melanin atau sel pigmentasi (pewarna kulit). Hipopigmentasi yang disertai dengan sisik-sisik halus mengelupad dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit

pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

pitiriasis alba

lepra

Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya. Bila penyebabnya adalah pitiriasis versikolor maka dapat diberikan obat jamur yang sesuai. Terapi disesuaikan dengan penyebabnya. Pada hipopigmentasi paska peradangan, sel melanosit kulit di daerah tersebut sudah rusak sehingga terjadilah hipopigmentasi, hal ini sulit dihilangkan kecuali dengan operasi / laser. Pitiriasis alba biasanya terjadi pada kulit atopi (berbakat alergi) dan seringkali disebabkan karena paparan sinar matahari. Sedangkan pada lepra biasanya disertai dengan rasa baal pada daerah dengan bercak putih tersebut dan pengobatannya harus rutin dan ditindak lanjuti oleh dokter spesialis kulit dan kelamin.

Karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya hipopigmentasi pada diri Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat diketahui penyebabnya. Dengan demikian, dokter dapat memberikan pengobatan sesuai penyebabnya. Penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung karena perlu diketahui lokasi tepatnya, ukuran dan lainnya. Penggunaan salep secara sembarangan tanpa mengetahui penyebabnya tidak akan memberikan hasil yang efektif dan malah dapat menyebabkan perburukan.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Bercak Putih di Wajah. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar