Sukses

Pusing Berputar dan Hamil Lagi Setelah Operasi Caesar

05 Jun 2018, 11:31 WIB
Wanita, 23 tahun.

Asallamualaikum Dokter.... Saya mw bertanya Dokter ..barusan saja saya mengalami pusing di bagian jidat saya yg pusingnya begitu sakit sekali sampai'' terasa mutar'' melihat bayangan'' setelah makan sayur santan dan baru saja saya mencoba makan sayur santan di kepala kanan dan kiri saya yg sakit sekali ,,sebelum''ny saya tidak pernah mengalami sakit seperti ini. .. Kedua saya mw bertanya LG: saya mempunyai ank 1 dulu melahirkan ny SC kadang'' sakit nyeri di jahitan dan sering banget sakit pinggang itu mengapa y dokter? &.saya boleh PNY anak LG jika umur jahitan saya sdh brpa tahun y dokter soalnya anak saya in sdh mw 2 Thun umurnya,,,soalx kata dokter kandungan yg menangani saya SC saya gk bisa lahiran normal,, Dan yg parahnya dulu melahirkan anak saya ada bibit kista kecil dan sdh di ambil,,jika saya mw PNY anak LG bahaya gk y dokter,, Maaf bnyk sekali pertanyaan saya Wassalam,,

Terima kasih telah bertanya seputar pusing berputar dan hamil kembali setelah operasi caesar menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

1. Pusing Berputar

Sudah berapa lama keluhahan berlangsung? Apakah ada keluhan pusing berputar, mual, muntah? Jika keluhan pusing berputar kemungkinan besar disebabkan oleh penyakit vertigo.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak

Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigoPada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorok (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani. 

 

2. Hamil Setelah Operasi Caesar

Menurut penelitian memang diperlukan jarak aman dengan kurun waktu 18 - 25 bulan untuk dapat hamil lagi setelah operasi caesar. Karena jika terjadi kurang dari waktu itu diperkirakan akan terjadi resiko robekan rahim. Akan tetapi kehamilan pada bekas operasi caesar tergolong aman jika memerhatikan pemantauan saat persalinan (Ante Natal Care). Sebelum terjadi persalinan, dokter harus memeriksa dengan cermat kondisi ibu dan janin.

Dahulu, sempat dicetuskan bahwa sekali melakukan persalinan cesar, maka selanjutnya harus terus dengan cesar. Namun, kini persalinan normal setelah sebelumnya bersalin cesar memang menjadi populer kembali, namun dengan catatan harus memperhatikan kondisi masing-masing ibu terlebih dahulu. Tidak semua ibu yang memiliki riwayat persalinan cesar dapat melahirkan kembali dengan cara normal. Kasusnya harus dilihat satu persatu. Sebaiknya diskusikan dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda mengenai kondisi dan kemungkinan untuk melahirkan normal. 

Berikut beberapa syarat untuk melakukan persalinan normal setelah riwayat persalinan cesar atau disebut juga VBAC (Vaginal Birth After Cesarean):

  • Tidak lebih dari 2 kelahiran cesar yang menggunakan sayatan transversal rendah.
  • Tidak ada bekas luka rahim, kelainan atau riwayat rahim robek sebelumnya.
  • Petugas kesehatan harus siap untuk memantau atau melaksanakan persalinan atau merujuk untuk melakukan bedah caesar jika perlu.
  • Lokasi kelahiran Anda harus memiliki petugas yang tersedia pada akhir pekan dan malam hari jika kasus bedah caesar diperlukan.
  • Jika alasan awal kelahiran sesar tidak berulang kembali pada kehamilan ini
  • Anda tidak memiliki masalah kesehatan utama
  • Bayi dalam ukuran normal
  • Bayi kepala di bawah

Sedangkan VBAC tidak direkomendasikan dalam situasi:

  • Jika Anda sedang hamil dengan kembar
  • Jika Anda memiliki diabetes
  • Jika Anda memiliki tekanan darah tinggi

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan sebelum merencanakan kehamilan.

Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar