Sukses

Gejala Stroke

05 Jun 2018, 10:56 WIB
Wanita, 36 tahun.

Maaf Dok, sy ingin mengajukan pertanyaan utk ibu sy, ibu sy usia 58 th, BB ±85 kg, TB ±160 cm, beberapa hr yg lalu mengeluhkan sering pusing, udah sempet periksa ke puskesmas ternyata tekanan daranya naik, klo ga salah 130, yg bagian bawahnya sy krg paham, 2 hr kmrn tiba² ibu sy jd susah bicara dan sy amati mulutnya sedikit ketarik ke kiri, tp msh bs beraktifitas...hanya saja agak lamban, bicara jg msh bisa...meski agak terbata, agak lama. Apakah ibu sy kena stroke ya, Dok? Lalu bagaimana penanganannya? Mohon balasannya, terima kasih...

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih telah bertanya tentang Gejala Stroke melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini.

Berikut beberapa gejala stroke:

Kesulitan berbicara

Stroke ringan dapat menyerang bagian otak tertentu. Salah satunya adalah bagian otak yang berkaitan dengan saraf lidah untuk bicara.

Karena kelumpuhan saraf lidah, maka lidah dapat tertarik ke salah satu sisi dan menyebabkan kesulitan dalam mengucapkan kata-kata. Seorang dengan gangguan ini akan menunjukkan gejala gangguan berbicara atau bicara pelo.

Pandangan kabur

Apabila kerusakan saraf terjadi pada bagian otak yang bertugas untuk penglihatan, maka penderita akan merasa pandangan menjadi kabur. Keluhan atau gejala ini biasanya terjadi secara tiba-tiba dan dapat bersifat permanen atau sementara.

Sakit kepala

Sakit kepala dapat menjadi tanda awal dari penyakit stroke. Pecahnya pembuluh darah akan menyebabkan peningkatan volume otak dan akhirnya menyebabkan peningkatan tekanan di dalam tengkorak.

Kesemutan

Penyumbatan pembuluh darah pada stroke dapat menyebabkan kerusakan pada bagian otak manapun dan menyebabkan gejala yang bervariasi. Salah satu gejala yang dapat dikeluhkan adalah kesemutan.

Karena itu, jangan anggap sepele keluhan kesemutan atau mati rasa, khususnya pada pasien diabetes dan tekanan darah tinggi.Jika seseorang terkena stroke, maka tingkat kerusakan yang dialami oleh otak bergantung pada kecepatan penanganan terhadap stroke. Semakin cepat stroke dikenali dan ditangani, maka kerusakan otak yang terjadi dapat dibatasi.

Sayangnya, tidak semua kasus stroke menunjukkan gejala yang jelas. Untuk itu saran saya segeralah bawa ibu Anda ke dokter spesialis saraf guna mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang Gejala Stroke. Semoga bermanfaat untuk Anda.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar