Sukses

Buah Zakar Kiri dan Kanan Berbeda

05 Jun 2018, 10:43 WIB
Pria, 16 tahun.

Hallo nama saya ramadhan Saya mau bertanya,ko buah kemaluan saya yang kiri terlalu kebawah sedangkan yang kanan tidak kendur kira-kira kenapa ya dok?? Dan satu hal lagi pass saya buang air besar pass saya jongkok saya merasakan sakit diselangkangan sebelah kiri pas saya paksaain jongkok terasa sakitnya ilang itu kira-kira kenapa ya dokk apa saya terkena penyakit serius atau tidak??

Terima kasih telah bertanya seputar Buah Zakar Kiri dan Kanan Berbeda menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah keadaan ini sudah dari dulu? Atau baru muncul sekarang? Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk dan lain sebagainya.Beberapa penyakit dapat menyebabkan hal ini seperti Varikokel. 

Varises di kantung zakar dikenal di dunia medis sebagai varikokel. Varikokel adalah pelebaran pembuluh darah vena pada skrotum (kantung buah zakar) yang mendarahi testis. Aliran darah di vena diatur oleh katup 1 arah yang mencegah aliran darah kembali. Fungsi katup yang terganggu atau penekanan dari pembuluh darah vena dapat menyebabkan pembesaran dari vena yang berujung terhadap pembentukan varikokel. 

Dari pemeriksaan dapat  terlihat adanya pembengkakan atau benjolan pada kantung buah zakar yang terasa nyeri dan berat yang jika diraba terasa seperti memegang kantung yang berisi banyak cacing. 

Apakah nyeri di selangkangan terasa menjalar? Bagaimana nyeri tersebut, apakah seperti ditusuk-tusuk (nyeri tajam) atau seperti rasa pegal (nyeri tumpul)? Apakah Anda sudah mengonsumsi obat anti nyeri dan apakah berhasil? Apakah terdapat benjolan di selagkangan ketika mengedan?

Nyeri pada daerah selangkangan dapat diakibatkan oleh berbagai hal seperti otot, tulang atau organ di daerah selangkangan. Bisa juga disebabkan oleh adanya hernia jika disertai benjolan. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik yang mendetil dan dapat memperkuat dugaan diagnosis pada rasa nyeri Anda.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar