Sukses

Gondongan dan Bengkak di Testis

05 Jun 2018, 09:29 WIB
Pria, 28 tahun.

Dok saya beberapa hari yg lalu mengalami gondongan, sekarang gondonngan/pipi bengkak sudah mulai kempes,, tetapi buah jakar saya mengalami pembengkakan satu,, kira" bahaya ga?? Dan obatnya apa... Disertai rasa nyeri. Trimakasih

Terima kasih telah bertanya mengenai gondongan dan nyeri testis melalui fitur Tanya DokterHalo,

Keluhan yang anda utarakan tentang pembengkakan testis sebelah ini kemungkinan dapat berhubungan dengan penyakit gondongan yang anda derita. Berikut ini akan kami jelaskan tentang hubungan gondongan dengan testis bengkak.

Gondongan (Mumps, Parotitis Epidemika) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan unilateral (satu sisi) atau bilateral (kedua sisi) pada kelenjar liur disertai nyeri. Mumps disebabkan oleh paramyxovirus. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

Jika dibandingkan dengan campak atau cacar air, gondongan tidak terlalu menular. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-15 tahun, namun pada orang dewasa justru lebih berat. Jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun. Jika seseorang pernah menderita gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya.

Yang terkena biasanya adalah kelenjar parotis, yaitu kelenjar ludah yang terletak diantara telinga dan rahang.

Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya. Masa inkubasi adalah 14-24 hari.

 

Kami menyankan anda berkonsultasi dengan dokter apabila nyeri yang dirasa semakin mengganggu. Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai gondongan dan nyeri testis . Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar