Sukses

Bayi Muntah Setelah Minum Susu Formula

05 Jun 2018, 09:33 WIB
Wanita, 21 tahun.

Hallo dok... Saya memiliki bayi yg usianya 4bulan 3minggu. Baby saya perkembangan BB nya bagus dok di bulan pertama. Tapi di bulan ketiga saya gk kontrol BB nya karna timbangan di bidan rusak. Tapi saya merasa gendongannya jadi lebih ringan. Akhirnya saya periksakan ke dokter praktek karna kebetulan baby saya agak batuk tapi tak berdahak. Sperti batuk dibuat buat. Di usia 4bulan baby saya BB nya cuma 5,3 dok. Dokternya bilang perkembangannya menurun. Trus dikasihlah obat batuk dan disarankan asi +formula untuk mengejar BB nya. Akhirnya sampai rumah saya berikan sufor. Tapi saat minhm sufor dia sperti tersedak. Lalu stelahnya dia muntahkan sufornya. Dan di muntahnya itu ada dahaknya dok. Nafasnya juga bunyi grok grok sperti org pilek. Saya baca di google tanda alergi susu sapi. Tapi baby saya tidak mencret, tidak ruam, mata tidak berair. Bagaimana solusinya ya dok. Kira kira baby saya kenapa ya dok ? Mohon jawabannya dok. Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Bayi Muntah Setelah Minum Susu Formula.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Jika anak Anda masih dibawah 6 bulan idealnya hanya berikan ASI kepada mereka.

Sebelumnya Anda harus memastikan terlebih dahulu apakah anak Anda muntah atau hanya gumoh. Gumoh adalah hal yang biasa terjadi pada bayi dan ini bukanlah muntah yang sebenarnya. Hal ini tidak perlu dicemaskan jika bayi tetap tampak sehat. Pada gumoh, biasanya bayi hanya mengeluarkan/memuntahkan kembali sedikit susu yang dikonsumsinya.

Untuk itu Anda perlu membantu bayi untuk bisa bersendawa dengan benar untuk mengurangi gumoh.

Cara Menyendawakan Bayi

Bayi digendong, menghadap ke belakang dengan dada bayi diletakkan pada bahu Ibu.Kepala bayi disangga/ditopang dengan tangan Ibu.Usap punggung bayi perlahan-lahan sampai bayi sendawa.Sementara muntah adalah merupakan suatu proses yang kompleks, dimana makanan dikeluarkan secara paksa dari dalam lambung. 

Muntah pada bayi yang beru lahir sering disebabkan oleh :

Penyakit metabolisme bawaanAlergi makanan, sering akibat alergi susu sapi terutama pada bayi yang tidak dapat ASI.Kelainan anatomi saluran cerna, seperti stenosis pylorus dapat terjadi pada usia 2-8 minggu. Stenosis pylorus merupakan suatu penebalan otot yang menyempitkan mulut lambung, sehingga bisa menyebabkan bayi anda muntah kuat secara berulang.Ada baiknay Anda mengganti susu formula anak Anda dengan susu formula hidrolisat (PHP), yaitu khusus untuk anak yang memiliki riwayat alergi protein susu sapi. Kita observasi apakah anak tetap muntah atau diare.

Jika keluhan muntah menganggu proses makan anak Anda, mungkin sebaiknya Anda segera membawa bayi Anda untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis anak agar penyebab sebenarnya dari muntah anak Anda dapat diketahui dan ditatalaksana dengan tepat sebelum bayi Anda mengalami gangguan pertumbuhan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Bayi Muntah Setelah Minum Susu Formula. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar