Sukses

Keguguran Harus Kuret?

04 Jun 2018, 16:37 WIB
Wanita, 18 tahun.

Assalamualaikum dokter, saya mau tanya. Saya baru saja mengalami keguguran tanpa kuret, karena janin sudah keluar spenuhnya, apa dapat dipastikan bersih? Dan apakah bisa langsung kembali melakukan program kehamilan? Terimakasih

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Keguguran Harus Kuret.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Apakah penyebab dari keguguran Anda?

Kuret merupakan tindakan medis yang bertujuan untuk mengambil dan membersihkan sisa perdarahan atau jaringan yang masih ada dan menempel pada dinding rahim. Jika lewat pemeriksaan sudah tidak ada sisa jaringan atau perdarahan di dalam rahim maka tidak diperlukan kuret.

Untuk memastikan apakah sisa jaringan di dalam rahim sudah bersih adalah dengan melakukan pemeriksaan fisik kembali dan pemeriksaan penunjang seperti USG Abdomen atau USG Transvaginal. Jika memang masih ada sisa jaringan, dokter akan memutuskan apakah diperlukan tindakan kuretase atau digunakan obat-obatan. Apabila memang tidak ada sisa jaringan setelah diperiksa oleh dokter, maka tidak masalah jika tidak dilakukan kuretase dan menggunakan obat. Jika tidak terdapat gangguan pada rahim, maka Anda tidak perlu khawatir karena seorang wanita dengan organ reproduksi yang sehat yang memiliki riwayat keguguran dapat kembali hamil. Namun perlu diketahui apakah penyebab keguguran yang Anda alami, jika disebabkan oleh penyakit tertentu maka sebaiknya Anda mengobati penyakit tersebut terlebih dahulu sebelum merencanakan kehamilan berikutnya.

Sebaiknya saat ini Anda memulihkan kondisi fisik dan emosional Anda. Konsumsilah makanan yang sehat dan bergizi, selain itu Anda dapat pergi berlibur ataupun melakukan hobi dalam mengisi waktu luang untuk menenangkan pikiran serta mengembalikan semangat serta energi Anda.

Untuk memastikan kondisi organ reproduksi Anda, kami sarankan Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Keguguran Harus Kuret. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar