Sukses

Gejala Hipotiroid

04 Jun 2018, 14:10 WIB
Wanita, 17 tahun.

Dokter, mau tanya. Ketika badan selalu dingin sekali tidak seperti teman-teman pada umumnya. Rambut saya sudah sejak 3 bulan ini rontok dan tekanan darah saya selama 3 tahun (punya riwayat vertigo) itu 80 - 90. Kira - kira apa penyebabnya dok? Badan saya dingun itupun ibu saya yang merasakan. Saya kira rambut rontok itu biasa, dan tekanan darah rendah saya juga saya kira menurut saya normal karena tidak pernah berubah, baik saya sehat / sakit. Berat badan saya juga selama 3 tahun tidak pernah berubah, tapi ketika saya makan banyak dalam seminggu naik 43, tapi juga mudah sekali turun lagi menjadi 39. Apa ya dok?

Terima kasih telah bertanya seputar keluhan badan terasa dingin melalui fitur Tanya Dokter.

Apakah Anda pernah memeriksa kadar hormon tiroid Anda? Berbagai gejala yang Anda sebutkan bisa merupakan bagian dari sakit hipotiroid. Pada dasarnya kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium. Hipotiroid adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Hormon T3 yang rendah bisa dikategorikan hipotiroid.

Kami tidak dapat memastikan apa yang menjadi penyebab dari hipotiroid yang Anda alami, tanpa melakukan wawancara medis dengan lengkap dan tanpa pemeriksaan fisik. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter Anda, agar kondisi yang dialami dapat ditangani secara maksimal.

Hingga kini, hipotiroid diobati dengan meminum obat yang serupa hormon tiroid, yaitu levotiroksin. Obat ini akan menggantikan kekurangan hormon tiroksin yang diproduksi oleh kelenjar tiroid.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar hipotiroid, Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar