Sukses

Batuk lama dan sesak nafas - #246690

03 Jun 2018, 13:27 WIB
Wanita, 16 tahun.

Dok mau tanya. Batuk saya gak sembuh sembuh sudah 2 bulan terakhir ini dok. Batuk dahak susah keluar, kalaupun keluar itupun muntah. Terus telapaktangan & kaki saya terasa panas. Terakhir, punggung saya sering sakit sampai saya susah nafas. Terimakasih dok

Terima kasih sudah bertanya tentang batuk lama dan sesak nafas menggunakan fitur tanya dokter di Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan mengenai keluhan batuk lama yang Anda alami. Apakah batuk terus menerus? Atau hanya di malam atau pagi hari? Apakah ada sesak, demam, keringat malam, batuk darah, nyeri dada? Apakah Anda merokok atau sering terpapar asap yang tidak sehat? Sudahkah melakukan pemeriksaan dahak?

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). Batuk yang anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  • Alergi dapat disertai keluhan bersin dipagi hari,
  • gatal-gatal pada tubuh,
  • sesak
  • Asma
  • InfeksiTuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma,
  • infeksi sinus
  • Bronkitis radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru
  • Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK)
  • GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)penyakit reflux biasanya disertai keluhan ada rasa panas atau terbakar di daerah ulu hati, mual, muntah ataupun kembungPenggunaan obat tertentuobat golongan ACE inhibitor Post Nasal Daripada cairan di belakang hidung.Pernakah Anda menjalani pemeriksaan rontgen dada dan spirometri?

Bronkitis yang disebabkan oleh alergi memang dapat kambuh. Namun dari keluhan yang Anda sampaikan, kami mencurigai adanya infeksi tuberkulosis atau flek paru.

Batuk atau lendir yang berdarah saat batuk dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti, darah yang keluar bersumber dari rongga mulut (gigi atau gusi) yang ikut terbawa keluar bersama saat Anda batuk, adanya luka lecet pada saluran pernafasan akibat batuk yang terlalu dipaksa (pada perokok aktif, atau radang saluran pernapasan atas) yang menyebabkan rasa gatal dan memicu batuk berulang. Batuk juga merupakan gejala utama pada beberapa penyakit paru seperti flek paru (yang disebabkan oleh bakteri tuberculosis) atau pada keadaan lebih berat yaitu akibat tumor.

Di Indonesia sendiri banyak sekali yang terinfeksi oleh Tuberkulosis atau sering disebut flek. Ada beberapa gejala yang sering muncul bersamaan yaitu, keringat di malam hari, berat badan yang susah naik, nafsu makan yang menurun, batuk yang cukup lama kadang dapat disertai reak bercampur darah, dan adanya riwayat kontak dengan anggota keluarga atau tentangga penderita TBC paru.

Untuk mengatasi keluhan ini harus diketahui dulu penyebabnya. Yang kami anjurkan adalah menghentikan kebiasaan merokok (apabila Anda seorang perokok aktif), menjaga daya tahan tubuh dengan istirahat yang cukup, perbanyak minum air putih dan mengkonsumsi nutrisi seimbang. Anda dapat menambah konsumsi makanan tinggi protein seperti telur, untuk mempercepat penyembuhan.

Mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan untuk Anda mengunjungi Dokter Spesialis Penyakit Dalam atau Spesialis Paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

 Demikian informasi seputar batuk lama dan sesak nafas yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat

 

0 Komentar

Belum ada komentar