Sukses

Seputar Kaki Bengkak pada Diabetes

03 Jun 2018, 12:33 WIB
Wanita, 67 tahun.

Siang dok, saya mau tanya apakah diabetes bisa menyebabkan kaki bengkak, bagaimana ciri cirinya dok ?

Terima kasih telah bertanya seputar kaki bengkak pada penderita diabetes melalui fitur Tanya Dokter.

Halo, kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Diabetes melitus adalah suatu kumpulan aspek gejala yang timbul pada seseorang yang disebabkan oleh karena adanya peningkatan kadar glukosa darah akibat kekurangan insulin baik yang sifatnya absolut maupun relatif. Diabetes adalah kondisi menahun yang tidak dapat disembuhkan tetapi dapat dikendalikan/dikontrol dengan obat anti diabetes.

Jenis diabetes:

Diabetes melitus tipe 1 (Insulin Dependent Diabetes Mellitus): biasanya bersifat genetik, pada umumnya dimiliki sejak kecil dan memerlukan insulin dalam pengendalian kadar gula darahDiabetes melitus tipe 2 (Non Insulin Dependent Diabetes Mellitus): disebabkan kurangnya jumlah insulin yang dihasilkan tubuh dan berkurangnya sensitifitas jaringan terhadap hormon insulin (resistensis insulin). Insulin sendiri adalah hormon yang membawa glukosa dari darah masuk se dalam sel-sel tubuh dan dihasilkan oleh sel-sel beta di pankreas.Diabetes gestasionalDiabetes insipidus.Gejala klasik diabetes adalah polidipsi (mudah haus), polifagia (mudah lapar), poliuria (sering BAK), bisa juga disertai penurunan berat badan.

Untuk mendiagnosis diabetes, diperlukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan kadar gula darah (sewaktu dan puasa). Diabetes dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti hipertensi, katarak, kebutaan, gangguan jantung, gagal ginjal, dan lain lain.

Penyeban kedua kaki bengkak pada Anda bisa dikarenakan berbagai macam penyebab. Apakah diserati kemerahan dan nyeri kadang disertai demam ? Jika ya, kemungkinan penyebabnya adalah infeksi (selulitis). Pada pasien diabetes hal ini sering terjadi. Selain itu, bengkak pada tungkai dapat disebabkan oleh penyakit jantung, gangguan fungsi kelenjar getah bening, peradangan sendi dan peradangan lainnya.

Untuk mengetahui penyebab pasti yang terjadi pada Anda, kami sarankan agar Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis penyakit dalam untuk mendapatkan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan terapi yang optimal.

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar