Sukses

Jantung Berdegup Cepat Saat Beraktivitas Berat

03 Jun 2018, 05:04 WIB
Pria, 35 tahun.

Salam Dokter, Saya Pria usia 35 tahun, Tinggi 165cm, Berat 70kg, Tekanan Darah Normal, Tidak Mengkonsumsi Alkohol,Jarang berolahraga. Suatu ketika saya beraktifitas berat, tiba2 merasakan jantung berdebar dgn cepat, kepala berasa ringan, sedikit pusing, keringat dingin, tangan kesemutan, sedikit mual, seperti kekurangan oksigen namun tidak merasakan sakit di dada. Yang saya mau tanyakan, apakah ada gejala Jantung Koroner atau Aritmia Jantung? Denyut Jantung Istirahat 80 ppm. Pertolongan pertama apa yang perlu dilakukan jika terjadi kondisi seperti di atas? Resiko apa yang bisa terjadi dgn kondisi ini? Pemeriksaan apa saja yg perlu dilakukan? Terima kasih atas bantuannya Dokter.

Terimakasih telah bertanya melaliu fitur Tanya Dokter.

Yang Anda alami ialah jantung yang berdegup cepat saat beraktivitas berat.

Dari penjelasannya, kemungkinan yang Anda alami adalah hal yang normal saja, akibat tidak terbiasa berolahraga. Ini menyebabkan pompa jantung kurang efektif dan perlu berdetak cepat agar kebutuhan supply darah ke seluruh tubuh terpenuhi.

Agar jantung memompa dengan lebih efisien, maka Anda perlu rutin berolahraga, yakni 5 kali seminggu dengan 30 menit per sesi. Atau mulailah dari 15 menit per sesi lalu ditingkatkan perlahan. Pilihlah jenis aktivitas fisik yang ringan sedang seperti berjalan, jogging, berenang, bersepeda. Setelah Anda mampu, silakan tingkatkan intensitas olahraga Anda, misalkan dengan melakukan jenis olahraga yang kompetitif (basket, futsal, bulu tangkis, tenis).

Bila Anda khawatir akan adanya gangguan irama jantung, silakan lakukan rekam jantung terlebih dulu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (FA)

    0 Komentar

    Belum ada komentar