Sukses

Bronkhitis dan Bronkhopneumonia

01 Jun 2018, 21:18 WIB
Pria, 33 tahun.

Slmt malam dok ijin kan sya untuk bertanya, saya menerima hasil rontgen dengan kesimpulan : reactive airway diseases (bronkhitis) dengan retensi mukus di perihiler kanan dan hiperinflasi paru disertai adanya infeksi sekunder gambaran bronkopneumonia (konfirmasi klinis, lab), tidak tampak kardiomegali, apakah dr hasil kesimpulan tersebut sya mengidap penyakit yang berat dok ?,, Trmkasih bnyak

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bronkitis akut dan pneumonia dapat menunjukan gejala yang hampir sama. 

Bronkitis adalah suatu kondisi yang timbul bila dinding bagian dalam saluran pernapasan utama paru terinfeksi dan meradang. Saluran pernapasan (bronkus) adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara.

Sedangkan pneumonia terjadi bila alveoli (kantung udara) di dalam paru yang berperan dalam pertukaran gas mengalami peradangan.

Keduanya memiliki gejala yang hampir mirip yaitu batuk kering atau berdahak terus-menerus, nyeri dada, menggigil dan sesak napas. meskipun demikian biasanya pneumonia dibarengi dengan gejala demam, sakit kepala dan kelelahan.

Bronkitis dan pneumonia dapat terjadi bersamaan, hal tersebut dikenal sebagai bronkopneumonia. Hal tersebut menunjukan bahwa saluran napas dan kantung udara mengalami infeksi. Bronkopneumonia dapat terjadi akibat infeksi virus maupun bakteri. 

Bila ditangani dengan benar tingkat kesembuhan penyakit ini sangat baik. Bila disebabkan oleh bakteri maka dokter akan memberikan antibiotik.

Selain itu untuk membantu kesembuhan, makanlah makanan bergizi seimbang, perbanyak sayur dan buah terutama yang mengandung antioksidan dan vitamin C, istirahat yang cukup, minum air minimal 2L per hari dan hindari merokok.

Untuk penaganan lebih lanjut, kami sarankan Anda berdiskusi dengan dokter spesialis paru yang menangani Anda

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar