Sukses

Alergi Gigitan Serangga

01 Jun 2018, 20:39 WIB
Wanita, 18 tahun.

Tanya dok, Pada suatu malam ( sekitar jam 03.00 ) saat tidur, timbul rasa gatal di kaki saya. Hal itu karena gigitan nyamuk. Namun setelah itu tiba2 telapak tangan saya sangat gatal sekali lalu saya garuk semakin gatal dan memerah yg disertai bentolan. Rasa gatal itu kian menjadi hingga seluruh tubuh dan bagian wajah rasanya gatal dan memerah pula. Saya coba tidak menggaruk, karena semakin digaruk semakin memerah. Lalu saya merasa wajah seperti bengkak. Saat itu jga denyut nadi di kulit sangat terasa, jantung berdebar, saya mencoba berdiri tpi badan sangat lemas, terasa goyang dan gelap seperti hendak pingsan. Setelah itu, saya hanya bisa terbaring dan timbul rasa ingin bersendawa dan kentut dok. Badan masih sangat lemas dan saat menggerakkan tangan seperti kesemutan, darah tidak mengalir mungkin mati rasa dok. Saya bingung menjelaskan kejadian aneh ini. Hal itu terjadi selama 1-2 jam, setelah saya tertidur lagi dan alhamdulilah rasa itu menghilang ketika bangun pagi.. Dan setau saya&keluarga selama hidup tdk memiliki alergi thd.makanan minuman maupun obat2 an. Sekian dok, keluhan yg saya alami..mohon penjelasan dan gejala penyakit apa yg terjadi pda tubuh saya dok.trims:)

Terima kasih telah bertanya tentang Alergi Gigitan Serangga melalui fitur Tanya Dokter

Apa yangAnda alami bisa merupakan reaksi alergi akibat gigitan serangga. Dalam tahap ringan, reaksi ini hanya berupa gatal- gatal di tempat gigitan. AKantetapi pada tipe berat dapat terjadi gangguan peredaran darah, mata bengkak sehingga tidak jarang penderitanya pingsan tiba- tiba. Reaksi ini sangat berbahaya karena dapat mengancam nyawa.

Saya sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter agar dapat diketahui pasti apakah benar gigitan serangga menjadi pencetusnya, ataukah ada sebab lainnya. Bila memang benar reaksi alergi karena serangga, maka Anda harus berhati- hati. Dokter mungkin akan membekali Anda dengan obat- obatan darurat bilamana terjadi reaksi yang sama di masa mendatang.

Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan seputar Alergi Gigitan Serangga. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar