Sukses

Polip Rahim
01 Jun 2018, 16:44 WIB
Wanita, 37 tahun.

Yth dokter yang budiman. Saya adalah wanita usia 37th, anak 3 (cecar, jarak kehamilan rapat), sudah KB sterilisasi. Saya mengalami gangguan menstruasi yakni masa periodik yg panjang dan volume darah yg banyak. Sebelumnya sempat 2 bln tidak mens, bulan berikutnya haid normal, dan sekarang tidak normal karena 2 minggu mens volume darah banyak dan ada yg kental spt gel. Saya sdh periksa ke dokter obgyn, diberi antibiotik dan anti perdarahan, seminggu mens berhenti, namun sekarang keluar mens lagi dengan keluar darah spt gel juga, dan ini sudah memasuki hari ke 10. Sebelumnya dari hasil usg transvaginal dokter mengatakan bahwa tidak ada kista, miom tapi ada polip yang tidak berbahaya. Mohon pencerahannya dok, apakah yang dimaksud dgn polip itu? Apakah saya harus biopsi? Tindakan apa sebaiknya dok.? Terimakasih sebelumnya

Terima kasih telah bertanya tentang Polip Rahim menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter.

Halo, kami memahami kekhawatiran Anda.

Polip uterus atau polip rahim merupakan daging tumbuh yang melekat pada dinding bagian dalam rahim dan menonjol ke dalam rongga rahim. Pertumbuhan sel-sel pada lapisan rahim (endometrium) yang berlebihan bisa berujung pada pembentukan polip uterus. Polip dapat tumbuh pada berbagai tempat di rahim. Polip sendiri bentuknya berbagai macam, ada yang bertangkai, dan dapat tumbuh besar sampai menjulur ke luar rahim.

Polip dapat berukuran beberapa milimeter sampai sangat besar. Pertumbuhan polip pun tentunya tidak tiba-tiba langsung besar. Membutuhkan waktu beberapa bulan sampai beberapa tahun untuk membesar, atau ada yang tetap berada pada ukuran awal dan tidak membesar.

Penyebab polip belum diketahui secara pasti, namun faktor hormonal mempunyai peranan penting. Polip pada rahim dapat menganggu kesuburan dan menyebabkan gangguan menstruasi, oleh karena itu kami sarankan agar Anda melakukan konsultasi kembali lebih lanjut dengan dokter agar dapat diberikan terapi yang optimal. Polip rahim yang timbul tanpa gejala dapat hilang dengan sendirinya, namun apabila ukurannya sudah besar diperlukan penanganan dengan obat atau operasi. Polip yang sejak dini ditangani semakin bagus progonis nya. 

Demikian informasi kami sampaikan seputar Poli Rahim, semoga bermanfaat.

Salam Sehat

0 Komentar

Belum ada komentar