Sukses

Ciuman Sebabkan Kehamilan

01 Jun 2018, 16:06 WIB
Wanita, 14 tahun.

Dok, saya mau nanya. Klo saya ciuman bibir sama pacar saya saar lgi haid, itu bisa hamil atau tidak?

Terima kasih telah bertanya tentang apakah ciuman dapat sebabkan kehamilan melalui fitur Tanya Dokter. 

Untuk menjawab pertanyaan Anda, perlu diketahui proses terjadinya kehamilan. Kehamilan dimulai dari konsepsi, yaitu persatuan antara sperma dan ovum/sel telur. Konsepsi dapat terjadi apabila seorang wanita sedang berada pada saat subur, dimana sel telur dikeluarkan oleh ovarium. Selain itu, sperma pun harus dapat terus "berjalan" menghampiri sel telur.

Jika proses ini tidak berlangsung dengan lancar, persatuan sperma dan ovum juga tidak dapat terjadi. Apabila sperma menembus sampai bibir vagina namun tidak sampai ke sel telur Anda, amka kehamilan tidak dapat terjadi, namun jika ada sperma yang masuk ke sel telur Anda, maka kehamilan bisa saja terjadi.

Merujuk pada pertanyaan Anda, bila hanya berciuman maka tidak ada proses dimana sperma masuk ke dalam vagina dan bertemu sel telur, sehingga tidak dapat terjadi kehamilan. 

Adapun mengenai tanda kehamilan, tanda kehamilan yang pertama adalah telatnya menstruasi. Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain adalah:

-sering berkemih-pembesaran dan nyeri payudara-mual-perasaan lelah-daerah sekitar puting susu menghitam-peningkatan suhu tubuh-flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding Rahim, dsb

Keluarnya perdarahan kecil atau flek-flek kecoklatan dalam waktu singkat karena proses penempelan calon bayi pada dinding rahim biasanya hanya terjadi dalam 1 hari saja.

Sementara tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

-terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan-terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi-terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan tentang ciuman dan kehamilan. Semoga bermanfaat. 

0 Komentar

Belum ada komentar