Sukses

Rahim Turun

31 May 2018, 16:34 WIB
Pria, 24 tahun.

slamat siang...saya dri Malaysia ingin bertanya saya sudah menstruasi selama 3 bulan. rahim saya jatuh..jadi gimana ya?

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah bertanya tentang Peranakan Turun melalui fitur Tanya Dokter

Peranakan turun atau rahim turun atau disebut dengan prolapsus uteri umumnya disebabkan karena kelemahan otot daerah panggul akibat dari berbagai hal, diantaranya karena melahirkan terlalu sering atau operasi di daerah panggul.

Gejala yang dapat timbul berbeda-beda pada setiap individu. Kadang-kadang meskpi prolapsus uteri yang berat, namun gejala nya dapat tidak ada, dan sebaliknya. Keluhan yang umum:

Terasa ada yang mengganjal/menonjol di vagina atau perasaan berat pada perut bawah.Riwayat nyeri dipinggang dan panggul yang berkurang atau hilang dengan berbaring.Buang air kecil sedikit-sedikit namun sering, tak puas hingga tidak dapat menahan BAK.Gangguan saat buang air besar, seperti tidak dapat BABGangguan saat hubungan intim, berjalan ataupun bekerjaKeputihanLuka lecet pada bagian peranakan yang sudah keluar dan mengenai celana dalamGangguan kesuburanGangguan haid

Belum terdapat manfaat medis yang diketahui dari penggunaan korset untuk mencegah rahim turun. Karena permasalahan rahim turun adalah lemahnya otot dasar panggul, sehingga pencegahannya adalah dengan latihan yang memperkuat otot tersebut misalnya dengan senam kegel.

Banyak faktor yang dapat melemahkan otot-otot dasar panggul diantaranya: kehamilan, melahirkan, operasi, penuaan dan berat badan berlebih. Anda dapat mendapatkan manfaat dari senam kegel jika Anda:

Sering mengalami kebocoran urin ketika bersin, tertawa atau batukMemiliki keinginan untuk berkemih yang tidak dapat ditahan (inkotinensia urin)Kebocoran feses (inkotinensia fekal)Senam kegel juga dapat dilakukan ketika Anda sedang hamilatau setelah melahirkan untuk mencegah inkotinensia urin, serta mencegah rahim turun dan menguatkan otot vagina. Selain itu, senam kegel, bersamaan dengan terapi dan konseling seks, dapat membantu wanita yang mengalami kesulitan orgasme.

Berikut adalah cara melakukan senam kegel:Temukan otot-otot yang tepat

Untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul, cobalah untuk memberhentikan urin di saat Anda sedang berkemih. Jika berhasil, maka Anda telah menemukan otot yang tepat. Namun, hal ini cukup Anda coba sekali saja. Karena jika Anda sering melakukan ini sewaktu berkemih, maka akan berpotensi meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih. 

Teknik yang tepat

Ketika Anda berhasil mengidentifikasi otot-otot dasar panggul Anda, kosongkan kandung kemih dan bersandarlah. Kencangkan otot-otot dasar panggul Anda, tahan kontraksi selama 5 detik dan kemudian relaksasi selama 5 detik. Lakukan sebanyak 4-5 kali. Anda dapatmeningkatkan kontraksi selama 10 detik dan diikuti dengan relaksasi selama 10 detik. 

Jagalah fokus Anda

Untuk hasil yang terbaik, fokuslah mengencangkan otot-otot dasar panggul saja. Hati-hati jangan menekuk otot-otot perut, paha atau bokong Anda. Bernafaslah secara rileks dan hindari menahan nafas. 

Ulangi 3x per hari

Anda dapat melakukan selama setidaknya 3 set dengan pengulangan hingga 10 kali per hari.

Kapan sebaiknya melakukan senam kegel? Lakukan senam kegel sebagai bagian dari rutinitas Anda sehari-hari. Anda dapat melakukan senam kegel tanpadiketahui orang lain, kapan saja, dimana saja, apakah sewaktu Anda sedang duduk di balik meja, sedang bersantai atau bahkan sewaktu melakukan tugas seperti saat bekerja di meja atau saat menonton tv. 

Jika Anda melakukan senam kegel secara rutin dan regular,maka Anda dapat merasakan hasilnya (seperti frekuensi urin yang bocor berkurang) dalam waktu beberapa bulan.

Keluhan perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik. Bila memang benar terdapat prolaps uteri, maka penanganannya adalah dengan cara operasi. Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan seputar Peranakan Turun. Semoga membantu.

0 Komentar

Belum ada komentar