Sukses

Nyeri Tulang Ekor

31 May 2018, 15:01 WIB
Wanita, 48 tahun.

Malam dok, saya tina, saya punya mama usianya 48th, punya keluhan nyeri pada tulang daerah pantat/bokong sakitnya seperti naik betis/ nusuk ke tulang. sebelum trjadi hal tsb,mama pernah didiagnosis colestrol (kdr 250) dgn hb 7,5 disarankan transfusi darah (masuk 500ml) dan sudah dilakukan, namun stlh transfusi tsb dibulan maret 2018 hingga saat ini muncul keluhan nyeri bokong tsb, dicek ke dokter diagnosanya pengeroposan tulang, hingga saat ini masih sakit dgn hal yg sama (obat yg sering diminum dr dokter melokxikan, asam mafemat, ranitidin dan vitamin). Pernah jg corsadol namun dihentikan krn membuat pusing pd kepala, yg saya tanyakan apakah ada hubungan transfusi darah dgn nyeri pd bokong yg saat ini terjadi? Dan apa obat atau tindakan yg tepat utk mama? Terimakasih sblmnya dok, salam hangat tina..

Terima kasih Anda telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Mungkin yang Anda maksud adalah tulang ekor atau bagian terakhir dari susunan tulang belakang. Yang perlu dikaji ulang disini apakah nyeri yang Anda rasakan memang berasal dari tulang ataukah dari otot atau saraf yang terdapat di sekitar daerah tersebut.

Sayang sekali Anda tidak menyertakan data lengkap mengenai riwayat Anda, seperti sejak kapan nyeri ini terjadi, apakah nyeri terjadi terus menerus atau pada waktu tertentu, adakah riwayat terjatuh sebelumnya, dimanakah posisi tepatnya nyeri ini dan apakah nyeri menjalar, adakah gejala kesemutan, adakah keluhan pada kedua belah kaki (kesemutan, kelemahan), apakah kerja Anda, apakah Anda sering membawa benda berat, dan berbagai informasi lainnya yang dapat membantu analisis kami.

Dengan data yang Anda berikan, kami hanya dapat mengatakan bahwa kemungkinan penyebab sakit tersebut dapat berasal dari otot, tulang, atau saraf. Penyebabnya belum dapat kami katakan karena tidak adanya data, namun mungkin saja dari riwayat terjatuh, posisi duduk tidak anatomis, HNP (hernia nukleus pulposus), kejang otot, dan banyak lagi.

Nyeri tulang ekor yang Anda alami dapat saja termasuk dalam golongan Nyeri punggung bawah/Low back pain. Terdapat berbagai keadaan yang dapat menyebabkan keluhan ini, namun sebagian besar disebabkan oleh peregangan berlebihan akibat aktivitas berulang atau mobilisasi yang salah. Berdasarkan waktu keluhannya, LBP dibedakan menjadi LBP akut dan LBP kronis. Disebut LBP akut apabila keluhan tersebut dirasakan dalam waktu kurang dari 12 minggu, sedangkan dikatakan kronis apabila sudah dialami selama lebih dari 12 minggu.

Adapun risiko terjadinya LBP dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga.

Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan (artritis rheumatoid), osteoporotik, kelainan bentuk pada tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat-obatan golongan antiradang nonsteroid seperti ibuprofen, natrium diklofenak, asam mefenamat, asetaminofen, dsb. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini. Beberapa tips yang dapat diterapkan adalah:

biasakan untuk melakukan pemanasan sebelum bekerjasaat hendak mengangkat benda berat, jagalah sumbu tubuh dalam posisi tegak, jangan membungkuk yang justru akan menambah beban dan regangan pada tulang belakangolahraga berenang atau bersepeda bermanfaat untuk mengurangi nyeri dengan mengurangi tekanan pada struktur tulang punggung dan sekitarnya.Apabila setelah menerapkan tips di atas keluhan tidak juga membaik, kami sarankan sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis saraf, dokter spesialis tulang, atau dokter spesialis rehabilitasi medik untuk tatalaksana yang optimal.Mungkin Anda membutuhkan pemeriksaan tambahan seperti roentgen tulang belakang.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar