Sukses

Perlukah Antibiotik Saat Bayi Demam

31 May 2018, 13:54 WIB
Pria, 30 tahun.

Dokter, baby saya 9bulan 3 minggu. Berat badan 8kilo 2ons. Tgl 16 dia imunisasi MR. 2hari demam, tgl 16 dan 17. Kemudian tidak demam. Tgl 20 kami jalan-jalan bawa babynya, trus tgl 21 22 23 demam lg. Kemudian tidak demam. Tgl 26 kami bepergian lagi Dan tgl 26 27 demam lagi. Kemudian tidak demam. Sejak tgl 17 baby saya sulit makan, hanya beberapa suap setiap diberi makan. Pdhl sebelumnya sehari 3 sampai 4 mangkok bayi. Berat badanya turun 2ons. Baby saya tetap aktif merangkak, memanjat sofa, dan bermain mainan. Kira-kira baby saya sakit apa ya dok? Kata bidan baby saya kembung, diberi obat demam obat kembung dan antibiotik. Perlukah antibiotik dokter? Baby saya masih 9bln. Terima kasih

Terima kasih telah bertanya menggunakan Fitur Tanya Dokter.

Tidak sedikit orang tua yang beranggapan bahwa antibiotik adalah obat yang tepat untuk mengatasi segala jenis penyakit yang menyerang anak. Tapi, benarkah setiap anak yang sakit perlu obat jenis ini?

Faktanya, antibiotik merupakan obat yang secara khusus dikembangkan untuk melawan penyakit akibat infeksi bakteri. Atas dasar ini, antibiotik tidak boleh digunakan sembarangan, apalagi untuk mengobati penyakit yang bukan akibat infeksi bakteri.

Orang tua dianjurkan untuk tidak sembarang memberikan antibiotik pada anak yang sakit tanpa diagnosis yang tepat dari tenaga medis. Ini karena pemberian antibiotik yang tidak tepat sasaran akan berdampak pada resistensi antibiotik.

Resistensi antibiotik merupakan suatu kondisi ketika mikroorganisme yang seharusnya dapat diberantas dengan satu jenis antibiotik menjadi kebal terhadap antibiotik tersebut. Dengan kata lain, antibiotik yang sebelumnya mampu mengatasi keluhan tak lagi bisa memberikan manfaat yang sama.

Jadi, perlukah anak yang sakit diberikan antibiotik? Jawabannya adalah tergantung kondisi yang dialami oleh anak. Seperti disebutkan di atas, antibiotik merupakan golongan obat yang hanya efektif untuk mengatasi penyakit akibat infeksi bakteri. Jadi, jika penyakit anak disebabkan oleh infeksi virus atau jamur, penggunaan antibiotik tidaklah diperlukan.

Yuk, lebih bijak. Hindari memberikan anak sembarang obat, antibiotik ataupun obat jenis lainnya, apalagi tanpa adanya instruksi yang jelas dari dokter. Akan lebih baik jika Anda menanamkan kebiasaan mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir sebagai langkah awal pencegahan berbagai penyakit. 

Demikian penjelasan yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat. Salam.

0 Komentar

Belum ada komentar