Sukses

Bintik Merah Pada Anak

31 May 2018, 11:59 WIB
Wanita, 27 tahun.

Dok Saya Mau tanya anak saya umur 6 thn timbul bintik " dan menjadi luka, saya sudah bawa ke dokter sudah di beri obat dan salep untuk di gosok tapi obatnya sudah habis dan lukanya belum sembuh sudah 3 minggu,,, Penyebabnya apa ya Dok??

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari Klikdokter.

Terdapat beberapa jenis penyakit yang mampu menimbulkan keluhan bintik-bintik merah pada kulit anak, antara lain :

1.     Campak/Rubeola

2.     Campak jerman/Rubella

3.      Roseola

Ketiga penyakit tersebut disebabkan oleh infeksi virus yang akan menimbulkan keluhan awal menyerupai penyakit flu (seperti demam, batuk, pilek, dll) selama beberapa hari yang diikuti oleh munculnya ruam merah pada seluruh kulit anak. Anak yang menderita penyakit campak dan roseola biasnya akan mengalami demam yang sangat tinggi, namun tidak demikian pada penderita campak jerman. Anak dengan campak jerman hanya mengalami demam ringan selama beberapa hari, atau bahkan tidak demam. Mungkin anak anda mengalami campak jerman. Namun untuk memastikannya sebaiknya anda membawa anak anda ke dokter terdekat untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung terhadap ruam-ruam merah yang muncul.

Ketiga penyakit tersebut sebenarnya dapat sembuh dengan sendirinya. Sehingga pengobatan yang diberikan tergantung dari keluhan yang timbul sehingga anak dapat merasa lebih baik. Disamping itu, biarkan anak mendapat istirahat yang cukup dan berikan cairan yang cukup pada anak untuk mempercepat sembuhnya penyakit.

Sebaiknya dikonsultasikan dulu ke dokter anak Anda kembali karena hal ini telah berlangsung 3 minggu dan masih belum sembuh.

Demikian informasi yang dapat Kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar