Sukses

Puasa Bagi Penderita Mag
31 May 2018, 12:07 WIB
Pria, 19 tahun.

Assalamualaikum dok, salam sejahtera. Jadi begini saya adalah penderita maag, namun jarang kambuh. Semenjak 10 hari kebelakang sampai sekarang maag saya selalu kambuh dan rasa sakit di ulu hati semakin parah dan sering mual. Saya sudah konsumsi m*lanta dan P*romag namun tidak kunjung membaik. Apakah maag saya bertambah parah? Bagaimana cara mengatasinya? Dan bagaimana cara saya berpuasa? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar maag dan puasa melalui fitur Tanya Dokter.

Seluruh penderita maag tentunya dapat berpuasa, namun, harus memperhatikan makanan dan minuman yang anda konsumsi. Berikut beberapa kiat untuk menjaga lambung Anda tetap sehat waktu berpuasa:

- Jangan melewatkan waktu sahur dan berbuka puasa.- Makanlah makanan yang bergizi selama berpuasa.- Buka puasa sebaiknya diawali dengan minum air putih lalu makanan manis, kemudian dilanjutkan makan besar setelah salat Magrib.- Hindari makanan yang memperberat gejala sakit maag, seperti makanan yang mengandung banyak gas. Contohnya sawi, kol, nangka, roti, serealia, dan pasta.- Hindari makanan yang memperlambat pengosongan lambung, karena jenis makanan ini dapat menyebabkan peningkatan asam lambung. Contohnya cokelat, makanan berlemak, susu full cream dan keju.- Hindari makanan yang merusak dinding lambung, seperti makanan pedas dan makanan bercuka.- Hindari makanan yang merangsang pengeluaran asam lambung, seperti minuman beralkohol, kopi, sari buah sitrus, atau susu full cream.- Bagi penderita sakit maag, hindari berbuka puasa dengan makanan karbohidrat olahan, seperti     roti, mi, dan kue kering.- Hindari makan permen karet agar perut tidak mudah kembung.

Selain beberapa tips diatas, jangan lupa untuk mengkonsumsi obat yang dianjurkan oleh dokter anda agar puasa anda tetap berjalan dengan lancar.

Demikian informasi yang bisa disampaikan seputar maag dan puasa, Semoga bermanfaat

0 Komentar

Belum ada komentar