Sukses

Bolehkah Berhubungan Seksual ketika Sedang Infeksi Saluran Kemih?

31 May 2018, 01:49 WIB
Pria, 30 tahun.

Permisi dok... Mempunyai masalah infeksi saluran kemih apakah aman untuk mlakukan hubungan suami istri... Mohon solusinya trimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya perlu kami tanyakan, Apakah istri Anda sudah mendapatkan pengobatan ISK?

Untuk itu terlebih dahulu kami jelaskan sedikit mengenai ISK. Penyakit ini umumnya menyebabkan keluhan sering BAK (buang air kecil), nyeri, sedikit-sedikit, rasa tidak lampias (rasa ada sisa setelah berkemih), bisa disertai dengan perubahan warna air seni menjadi keruh atau kemerahan. Faktor risiko terjadi infeksi saluran kemih adalah minum sedikit, higienitas yang buruk, sering menahan BAK, dan hubungan seksual yang tidak sehat.

Saat ini jika dokter telah menyatakan istri Anda sembuh, maka anda dapat berhubungan intim kembali dengan istri. Untuk proteksi, dapat juga anda melakukan hubungan intim dengan menggunakan proteksi (kondom) untuk mencegah kemungkinan penularan penyakit, jika memang seandainya bakteri penyebab ISK pada istri Anda termasuk dalam kelompok bakteri penyebab infeksi menular seksual (IMS).

Namun, memang sebaiknya bila istri Anda belum sembuh dari ISK sebaiknya tunda hubungan seksual karena hubungan seksual dapat memperlambat penyembuhan ISK.

Berikut beberapa modifikasi gaya hidup yang dapat Anda dan pasangan terapkan sehari-hari untuk mencegah terjadinya ISK:

  1. Tingkatkan asupan cairan (air putih) minimal 1,5-2L/hari. Peningkatan asupan cairan dalam hal ini ditujukan untuk membilas kuman ataupun cikal bakal batu yang mungkin terdapat pada saluran kemih
  2. Jangan pernah menahan hasrat untuk berkemih, segeralah ke toilet jika merasakan sensasi untuk BAK
  3. Segera BAK setiap selesai berhubungan seksual.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar