Sukses

Kelopak Mata Bengkak Setelah Operasi Kalazion

30 May 2018, 21:27 WIB
Pria, 19 tahun.

Tulis Pertanyaan...dok saya mau tanya,kemaren kan saya sudah melakukan insisi kalizon,tapi saya duga kalo sudah diinsisi benjolannya sudah hilang,tapi ko pas besoknya benjolannya masih ada yah,kenapa itu dok? apakah itu pembengkakan atau masih belum tuntas ngeluarin nanah nya

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Bintitan atau hordeolum dapat mengenai kelopak mata bagian dalam maupun luar. Internal hordeolum biasanya seringkali berkembang menjadi kalazion. Hordeolum disebabkan oleh infeksi sedangkan kalazion disebabkan oleh penyumbatan kelenjar meibom.

Pada kalazion Anda akan mengalami bengkak namun tidak disertai nyeri. Biasanya benjolan akan hilang dalam waktu 2-8 minggu, namun ada beberapa kasus yang masa penyembuhannya lebih lama. Umumnya kekambuhan sering terjadi. Penanganannya dapat dengan mengompres hangat selama 15 menit 4 kali sehari, pengobatan untuk kalazion dapat dengan penggunaan kortikosteroid dan insisi.

Kami sarankan Anda untuk tetap mengikuti pengobatan yang telah diberikan oleh dokter mata Anda dan melakukan konsultasi ulang untuk mengetahui penyebab bengkak yang tak kunjung sembuh. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

2 Komentar

  • aji*****

    dok ada pantangan makanan gak untuk penderita kalazion

  • aji*****

    permisi dok saya mau konstultasi .. saya lagi hari rabu tgl 17 bulan oktober tahun 2018 . saya abis operasi kalazion .. sesudah operasi mata saya membengkak. yang jadi pertanyaan saya dok .. mata saya membengkak karna abis di operasi atau apakah masih ada benzolan kalazionnya .. terus pertanyaan saya .. boleh kah saya mengompres mata saya dengan air hangat sehabis operasi atau tidak.. soalnya saran dokter pas saya dioperasi saya tidak boleh kena air dlu sampai 6 hari trimakasih dok