Sukses

Tidak Haid Sejak Remaja Hingga Menikah

30 May 2018, 16:38 WIB
Pria, 31 tahun.

dok saya mau tanya, istri saya gak pernah M itu kenapa ya ? mulai remaja hingga sudah nikah

Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih telah bertanya seputar Tidak Haid Sejak Remaja Hingga Menikah menggunakan fitur Tanya Dokter

Apakah selama ini tidak pernah haid atau pernah haid tetapi hingga sekarang tidak pernah haid lagi?Jika tidak pernah haid sama sekali maka disebut amenorea primer.

Amenorea Primer

Amenorea primer adalah keadaan tidak pernah terjadinya menstruasi pada wanita. Amenorea primer terjadi pada 0.1 – 2.5% wanita usia reproduksi. Tidak adanya siklus menstruasi menandakan tidak adanya pengeluaran sel telur dan mempengaruhi kesuburan wanita bersangkutan dan mengakibatkan sulit hamil.

Pada amenorea primer, apabila didapatkan adanya perkembangan seksual sekunder maka diperlukan pemeriksaan organ dalam reproduksi (indung telur, rahim, perlekatan dalam rahim) melalui pemeriksaan USG, histerosalpingografi, histeroskopi, dan Magnetic Resonance Imaging (MRI). Apabila tidak didapatkan tanda-tanda perkembangan seksualitas sekunder maka diperlukan pemeriksaan kadar hormon FSH dan LH.

Penyebab tersering dari amenorea primer adalah:

  • Pubertas terlambatKegagalan dari fungsi indung telur
  • Agenesis uterovaginal (tidak tumbuhnya organ rahim dan vagina) 
  • Gangguan pada susunan saraf pusat
  • Himen imperforata yang menyebabkan sumbatan keluarnya darah menstruasi dapat dipikirkan apabila wanita memiliki rahim dan vagina normal

 

Amenorea Sekunder

Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea <jumlah darah menstruasi sedikit>), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa. Angka kejadian berkisar antara 1 – 5%

 Penyebab terbanyak dari amenorea sekunder adalah kehamilan. Setelah kehamilan, menyusui, dan penggunaan metode kontrasepsi disingkirkan, maka penyebab lainnya adalah:

  • Stres dan depresi
  • Nutrisi yang kurang, penurunan berat badan berlebihan, olahraga berlebihan, obesitas
  • Gangguan hipotalamus dan hipofisis
  • Gangguan indung telur
  • Obat-obatan
  • Penyakit kronik dan Sindrom Asherman

Keluhan istri Anda ini perlu segera diperiksakan ke dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik langsung, dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti pemeriksaan USG perut. Untuk itu, kami sarankan istri Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan untuk pemeriksaan segera sehingga dapat segera diketahui penyebabnya dan segera mendapat penanganan yang optimal.

Semoga bermanfaat.

    0 Komentar

    Belum ada komentar