Sukses

Gusi Bengkak Sakit Sampai Leher

30 May 2018, 13:33 WIB
Wanita, 20 tahun.

halo dok.. aku mau tanya sudah dua hari ini gusiku di sebelah kanan bengkak sakitnya sampai ke leher .. apakah itu suatu gejala penyakit yg serius ? lalu bagaimana cara mengobatinya ? terimakasi dok

Terimakasih telah bertanya seputar gusi bengkak sakit sampai leher melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelumnya apakah gusi bengkak sampai menimbulkan pembengkakan di leher? Apakah anda sedang mengalami pertumbuhan gigi bungsu? Gusi bengkak adalah tanda-tanda  gusi mengalami peradangan dimana bisa diakibatkan karena proses tumbuhnya gigi bungsu, juga bisa menyebabkan fokal infeksi, yaitu infeksi di organ lain di dalam tubuh.

Gusi bengkak yang tidak dilakukan perawatan, bisa menimbulkan pembengkakan di leher. Hal ini disebabkan karena pada leher terdapat beberapa kelenjar yang berhubungan dengan sistem imunitas tubuh, sebagai respon tubuh dalam menghadapi adanya suatu infeksi.

Pembengkakan di leher antara lain dapat disebabkan oleh  sebab berikut :

- Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

- Pembesaran kelenjar getah bening: tumor / radang kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

- Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis

- Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan

- Sebab lain (jarang).

Kami sarankan untuk melakukan pemeriksaan gigi bungsu dulu ke dokter gigi. Setelah itu bila dibutuhkan, anda bisa konsultasi ke Dokter Spesialis Bedah Kepala - Leher karena status benjolan /pembengkakan tersebut berbahaya atau tidak hanya dapat dipastikan melalui pemeriksaan fisik. Kami sarankan pula untuk tidak mengkonsumsi segala macam obat tanpa petunjuk dan pengawasan Dokter untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gusi bengkak sakit sampai leher, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar