Sukses

Hamil Lagi dengan Riwayat Rahim Robek

30 May 2018, 13:01 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok,saya kemarin melahirkan dengan SC karena pinggul sempit. Waktu di ruang operasi,pada saat anak saya sudah lahir dokter yang membantu saya melahirkan mengatakan bahwa rahim saya ternyata telah robek... Bahayakah dok untuk kedepannya jika saya ingin mempunyai anak lagi??

Terima kasih telah bertanya seputar Hamil Lagi dengan Riwayat Rahim Robek menggunakan fitur Tanya Dokter

Kami memahami kekhawatiran Anda. Jika Anda memiliki riwayat robekan rahim atau ruptur uteri, maka pada kehamilan berikutnya, agar menurunkan risiko terjadinya robekan rahim berulang maka ibu hamil harus melakukan kontrol rutin ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan serta disarankan sebaiknya melahirkan dengan cara operasi caesar.

Angka berulangnya kejadian robeknya rahim atau ruptur uteri adalah 4,8 - 19% dengan angka yang paling tinggi pada perempuan dengan riwayat ruptur uteri segmen atas. Berbagai penelitian menganjurkan persalinan berikutnya dengan operasi caesar yang direncanakan pada usia kehamilan 37-38 minggu. Jarak kehamilan setelah operasi caesar sebelumnya minimal 24 bulan. Diskusikanlah dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan yang menangani Anda mengenai rencana kehamilan berikutnya.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar