Sukses

Gigi Berlubang Sebabkan Benjolan Bernanah

29 May 2018, 11:35 WIB
Pria, 33 tahun.

selamat malam dok. saya punya putri usia 10th. awalnya dia sakit gigi dan rahangnya membengkak. lalu mengempis. dan sekarang ada benjolan kecil. saat dia tidur kulitnya terkelupas dan berdarah bercampur nanah.. saat ini saya menutupinya dengan betadine dan perban. selalu ada nanah di perban tersebut. dia bilang rasanya gatal tidak perih saat saya menekan benjolan tersebut. dan keluar nanah. pertanyaanku. apa penyakit tersebut ya dok?? apakah tumor?? salam

Terimakasih telah bertanya seputar gigi berlubang sebabkan benjolan bernanah melalui fitur Tanya Dokter.

Berdasarkan keterangan yang anda sampaikan, dugaan kami anak anda mengalami abses gigi. Infeksi dari gigi berlubang yang tidak dirawat bisa berlanjut ke jaringan lunak dapat menyebabkan terjadinya abses (seperti bisul/benjolan berisi nanah) seperti yang anda lihat pada gusi anak anda. Jika tidak ditangani maka abses bisa menembus sampai jaringan kulit pipi atau dagu (fistula ekstra oral).

Penanganan nya Segera periksakan ke dokter gigi agar dapat ditangani oleh dokter Anda sedini mungkin. Dokter gigi akan memberikan resep obat untuk menyembuhkan abses terlebih dahulu. Meski akan digantikan dengan gigi tetap/permanen, gigi susu yang berlubang harus tetap dirawat karena gigi susu berfungsi sebagai panduan untuk pertumbuhan gigi tetapnya nanti.

Dokter akan menjelaskan berbagai alternatif yang sesuai dengan masing-masing kasus untuk penanganan lubang gigi pada anak. Bergantung pada tingkat keparahan kasus, perawatannya dapat berupa tindakan pencegahan, penambalan, atau perawatan syaraf jika infeksi sudah mencapai rongga syaraf gigi (pulpa gigi). Jika gigi sudah tidak dapat dipertahankan lagi maka terpaksa dilakukan pencabutan.

Demikian jawaban yang dapat kami berikan mengenai gigi berlubang sebabkan benjolan bernanah, semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar