Sukses

Gangguan Bicara Setelah Kecelakaan

28 May 2018, 23:39 WIB
Pria, 17 tahun.

Dokter saya ingin bertanya, data yang saya kirimkan data adik saya. Dia mengalami kecelakaan setaun yang lalu. Bagian kepalanya dioperasi karena sebagian tulang tengkoraknya hancur dan diganti dengan tulang buatan (dari mas putih). sekarang kondisi adik saya sudah membaik tapi dari segi berbicara dan berpikir tidak lancar dok. sering pelupa, masing suka merasa pusing dan berbicara pun tidak lancar (seperti yang mikir dulu lama). adik saya masih suka kontrol ke dokter bedah saraf sebelumnya tapi sejauh ini tidak ada perubahan. itu bagaimana yah dok? saya ingin adik saya bisa kembalis eperti dulu. Apa ada obat atau penanganan tertentu yang harus dilakukan? Terimakasih

Terima kasih telah bertanya seputar berhenti bicara setelah kecelakaan melalui fitur Tanya Dokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berhenti bicara atau setelah mengalami kejadian yang traumatik dapat terjadi bila kejadian tersebut menimbulkan gangguan pada otak kakak Anda. Selain itu, stres yang besar pada seseorang juga menyebabkan gangguan berbicara. Hal tersebut dinamakan selective mutism pada dunia kedokteran. Bila terjadi hal ini, sebaiknya pastikan dulu memang tidak ada kelainan organik yang mendasari kondisi bisu tersebut. Kunjungi dokter terdekat atau spesialis saraf atau spesialis kejiwaan untuk penanganan lebih lanjut.

Mengenai pertanyaan kedua Anda, apakah yang Anda maksud dari trauma tersebut? Apakah trauma mental atau trauma fisik seperti kecelakaan? Tentunya trauma fisik seperti kecelakaan dapat menimbulkan perdarahan, dan/atau kelainan organ yang terkena pada saat kecelakaan. Kelainannya dapat bervariasi, sehingga dibutuhkan wawancara lebih lanjut, pemeriksaan fisik, dan bila perlu pemeriksaan penunjang.

Demikian informasi yang dapat kami berikan mengenai berhenti bicara setelah trauma. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar