Sukses

Rasa Mengganjal di Mata

28 May 2018, 23:20 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok, saya mau bertanya masalah penyakit Mata Nenek saya umur 70an, awalnya mengeluh mata seperti ada yg mengganjal, lama lama jadi burem. Karna sudah tidak nyaman dan kadang terasa sakit dan pusing, akhirnya melakukan tindakan oprasi mata. Sblm oprasi masih bisa liat meskipun burem. Tapi setelah oprasi 2 bulan yg lalu, sampai sekarang blm bisa melihat. Dokter cuma bilang glukoma. Tapi sempet di bilang lebih parah dari katarak. Sekarang masih rawat jalan. Mohon penjelasan dan arahannya dok untuk nenek saya. Trimakasih sebelumnya

Klikdokter Terimakasih telah bertanya mengenai rasa mengganjal di mata melalui fitur Tanya Dokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

Rasa mengganjal di mata bisa disertai nyeri dan gatal, bisa juga tidak. Penyebab rasa mengganjal bisa karena alergi, misalnya karena reaksi lokal terhadap lensa kontak, atau terhadap iritan yang masuk ke mata, juga bisa merupakan salah satu kelainan akibat reaksi alergi di tempat lain. Selain itu, bisa juga karena kelenjar minyak kelopak mata yang tersumbat (disebut juga kalazion) atau infeksi bakteri pada folikel bulu mata (disebut juga hordeolum atau bintitan).

Gejala-gejala berikut merupakan tanda adanya kelainan yang lebih serius dan memerlukan pemeriksaan dokter segera, yaitu:

Bila ada demamGangguan penglihatan berupa hilangnya penglihatan atau penglihatan dobelSalah satu atau kedua mata menonjol (proptosis)Saran kami, sebaiknya Anda segera periksakan diri ke dokter mata untuk melihat penyebab pastinya apa sehingga pengobatan juga lebih spesifik. Jika memang hanya karena infeksi saja umumnya hanya akan diberikan salap antibiotik untuk mata dan keluhan akan menghilang dalam waktu kurang lebih 1 minggu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan seputar rasa mengganjal di mata. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar