Sukses

Puting Datar Saat Hamil

28 May 2018, 21:36 WIB
Wanita, 19 tahun.

Halo .. Slamat malam dok .. Saya devika Saya mau nanya ... Saya sedang hamil usia kehamilan jalan 18minggu .. Tapi puting saya datar . payudara besar tapi puting datar . sudah coba ikuti cara cara di google . tp ga berhasil.

Terima kasih telah bertanya melalui fitur Tanya Dokter di KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda

Puting datar sering ditemukan pada ibu yang hamil untuk pertama kali. Sekitar sepertiga ibu hamil memiliki puting datar dalam derajat tertentu. Namun sejalan dengan perubahan elastisitas kulit selama kehamilan, hanya 10 persen ibu yang tetap memiliki puting datar saat kelahiran janin.

Puting payudara yang datar biasanya akan semakin tertanam ke dalam pada payudara yang bengkak. Untuk mengatasinya, hal pertama yang perlu dilakukan adalah menentukan apakah puting payudara benar-benar datar atau tertarik ke dalam (inverted). Anda dapat melakukan tes ‘mencubit’ sederhana saat sedang hamil.

Bagaimana cara melakukan tes ini? Anda bisa mengikuti panduan singkat berikut ini: Tahan payudara pada tepi areola dengan ibu jari dan telunjuk. Kemudian tekan dengan lembut tapi tegas sekitar satu inci di belakang puting.Jika puting tidak dapat menonjol atau tegak, berarti puting Anda masuk kategori datar. Jika malah memendek atau bahkan menghilang, berarti puting benar-benar terbalik (inverted).Namun jika puting bisa menonjol atau tegak saat tes cubit, berarti puting tidak benar-benar datar. Kemungkinan besar hal ini tidak akan menimbulkan masalah ketika menyusui nanti.

Puting datar seharusnya tidak menjadi masalah bila bayi dapat melakukan latch-on dengan baik selama menyusui dengan baik.  Namun jika Anda memiliki puting datar atau terbalik, sebaiknya berkonsultasilah pada konselor laktasi untuk mendapatkan penjelasan lebih menyeluruh. Beberapa cara ampuh yang dapat dilakukan untuk mengatasi puting datar adalah:

  • Menegakkan puting. Sebelum menyusui, rangsang puting dengan menggunakan pompa payudara tangan, tabung suntik, atau menarik puting keluar secara manual. Tujuannya untuk membantu puting untuk keluar dengan maksimal.
  • Beberapa ibu menyusui dapat menarik puting mereka keluar dengan hanya satu sesi pompa. Namun, beberapa ibu lainnya perlu memompanya selama beberapa hari, minggu, bahkan berbulan-bulan. Hal ini tergantung pada tingkat inversi dan pola isapan bayi.
  • Merangsang puting. Pegang puting lalu gulung dengan ibu jari dan telunjuk selama 30 detik. Kemudian sentuh dengan kain dingin segera sebelum menyusui.
  • Anda juga bisa menggunakan breast pad sekali pakai yang dibasahi dan disimpan dalam freezer. Hal ini dapat membantu merangsang puting agar keluar dan tegak sebelum menyusui.
  • Tekan areola. Cara ini dapat dilakukan sebelum memasukkan puting ke mulut bayi. Pegang payudara dengan posisi ibu jari di atas dan jari-jari lainnya di bawah. Kemudian tekan atau tarik payudara ke arah dada. Hal ini akan membantu puting menonjol.
  • Gunakan puting silicon (nipple shield). Puting palsu ini berbentuk tipis dan lembut, dengan lubang di ujungnya. Tidak seperti puting karet yang bisa menimbulkan masalah, puting silikon yang modern sudah didesain khusus untuk membantu ibu yang kesulitan menyusui. Lapisan tipis silikonnya tetap memberikan stimulasi pada areola, sehingga tidak akan mengurangi volume produksi ASI. Kebanyakan ibu menyusui hanya perlu menggunakan puting silikon beberapa kali untuk merangsang puting keluar. Sebelum menggunakan alat ini, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter atau ahli laktasi. Dengan demikian Anda dapat mengetahui apakah Anda benar-benar perlu menggunakannya atau tidak.

Puting Anda tidak datar tapi tidak bisa menonjol karena jaringan payudara membengkak setelah melahirkan? Cobalah pompa ASI sesering mungkin sampai puting cukup menonjol untuk menyusui.

Jika Anda masih merasa belum menemukan cara atau posisi yang pas untuk menyusui karena memiliki puting datar, segera temui konselor laktasi untuk meminta bantuan. Untuk Anda para ibu menyusui, jangan putus asa dan mudah menyerah. Demikianlah jawaban yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar