Sukses

Ibu Hamil Memelihara Kucing

28 May 2018, 20:42 WIB
Wanita, 41 tahun.

Malam dokter.. Saya ibu hamil 27 minggu..dr sejak hamil di rumah saya banyak kucing.. Kebetulan ada induk kucing yg punya bayi kucing 5..sy takut efek udara ato kadang kontak langsung dgn kucing ini pengaruh k janin saya... Apa yg harus sy lakukan dok...apa perlu sy imunisasi.. Dulu sebelum menikah sdh pernah di suntik TT.. Trmakasih dok sebelumnya..

dr. Ellen Theodora

Dijawab Oleh:

dr. Ellen Theodora

Terimakasih telah bertanya seputar infeksi toksoplasma melalui fitur Tanya Dokter.

Kucing merupakan 'sarang' bagi parasit Toxoplasma gondii penyebab infeksi Toksoplasma. Parasit ini juga menjangkiti hewan lain seperti anjing, kambing, babi, burung dan kelinci. 

Toksoplasma memiliki beberapa cara untuk masuk ke dalam tubuh Anda, yaitu :

Secara tidak sengaja menelan tinja kucing yang mengandung telur toxoplasma. Umumnya cara ini tidak disadari, misalnya makan dengan tangan yang telah terkontaminasi sehabis berkebun, membersihkan tempat makan kucing atau barang-barang lain yang sudah terkontaminasiMengonsumsi daging hewan yang terlah terkontaminasi dan tidak dimasak secara matangMengonsumsi air yang telah terkontaminasiPada manusia, infeksi toksoplasma umumnya ringan dan menyebabkan gejala seperti flu. Tetapi, sebagian besar tidak pernah mengalami gejala dan tanda apapun. Gejala yang bisa muncul yaitu nyeri/ngilu-ngilu badan, pembengkakan kelenjar getah bening (bisa hanya di leher saja atau seluruh badan), sakit kepala, demam, cepat lelah. Apabila Anda sehat, umumnya penyakit ini tidak membutuhkan terapi apapun.

Hingga kini, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa memelihara kucing (yang merupakan sarang Toksoplasma) berhubungan dengan kemandulan, baik pada pria maupun wanita. Dengan demikian, infeksi Toksoplasma juga tidak menyebabkan kemandulan. Yang berbahaya ialah infeksi Toksoplasma pada kehamilan. Infeksi ini dapat menyerang janin sehingga bayi yang lahir mengalami cacat bawaan. 

Untuk menghindari faktor risiko tertular toksoplasma, berikut yang dapat Anda lakukan:

Hindari konsumsi daging mentah atau setengah matangCuci buah dan sayuran sebelum dikonsumsiHindari kontak tangan dengan tanah atau gunakan sarung tangan karet bila akan berkebunCuci tangan segera setelah berkebun atau berkontak dengan tanahJika Anda memelihara kucing, jaga kebersihannya, jangan biarkan kucing anda berkeliaran di luar rumahApabila anda merencanakan kehamilan, mintalah anggota keluarga lain untuk membantu Anda membersihkan kucing Anda termasuk memandikannya, mencuci kandang, tempat makannya, dan menggunakan sarung tangan plastik untuk membersihkan kotorannya.

Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar