Sukses

Makanan Penderita Hipertiroid

28 May 2018, 19:33 WIB
Pria, 24 tahun.

Halo dok, saya mau tanya, adakah makanan pantangan dan makanan yang disarankan bagi penderita gondok/kelenjar tiroid? Dan apakah bisa gondok sembih tanpa melalui operasi? Trimakasih sebelumnya

Terima kasih telah menggunakan fitur Tanya Dokter untuk menanyakan mengenai Makanan Penderita Hipertiroid.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

 

Penyakit pembesaran kelenjar tiroid atau sering disebut awam penyakit gondok paling sering terjadi karena kekurangan iodin dalam konsumsi makanannya.

Namun, pembesaran kelenjar tiroid juga dapat disebabkan karena:

Grave's DiseaseHashimoto's DiseaseMultinodular GoiterNodul Tiroid SoliterKanker TiroidInflamasi/peradanganKehamilanPenanganan pembesaran kelenjar tiroid atau goiter sangat bergantung pada gejala yang dialami, penyebabnya dan ukuran pembesarannya. Goiter yang tidak terlalu besar dan tidak menyebabkan masalah biasanya tidak memerlukan pengobatan.

Apakah Anda memiliki penyakit hipertiroid yang sudah didiagnosis dokter? Sebaiknya konsultasikan diri Anda secara teratur ke dokter penyakit dalam.

Berikut adalah daftar makanan baik untuk dikonsumsi penderita hipertiroid :

  • Sumber vitamin B12 (hati sapi)
  • Sumber vitamin C
  • Sayuran hijau (brokoli, bayam, dan lain sebagainya)
  • Sumber yodium (kacang, yoghurt, produk susu, stroberi).
  • Multivitamin, kami sarankan untuk konsumsi multivitamin dengan komposisi antioksidan vitamin A, C, 3, dan B complex, serta trace mineral seperti magnesion, kalsium, zink dan selenium. Konsultasikan jenis multivitamin yang baik dengan dokter Anda sebelum mengkonsumsi vitamin tersebut. 

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis gizi untuk membicarakan lebih detail diet yang sesuai untuk kondisi Anda.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan mengenai Makanan Penderita Hipertiroid. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar