Sukses

Sering Mual pada Penderita Penyakit Jantung dan Diabetes

28 May 2018, 19:24 WIB
Pria, 43 tahun.

Ayah saya pasca CABG 3 bulan dan sulit sekali makan, bahkan sdh diberi domparidon pun masih mual, dan kalau dipaksa makan terus akan muntah, dan juga penderita DM, apa penyebab dan solusinya? trims ya

Terima kasih telah bertanya seputar Sering Mual pada Penderita Penyakit Jantung dan Diabetes menggunakan fitur Tanya Dojter

Kami memahami kekhawatiran Anda. 

Mual dapat disebabkan oleh beberapa keadaan:

  1. gastritis (maag)
  2. keracunan
  3. peningkatan tekanan dalam kepala
  4. efek samping obat
  5. infeksi virus
  6. dan sebagainya.

 Apakah selain diabetes dan sakit jantung, ayah Anda memiliki riwayat sakit maag/lambung sebelumnya? Apakah ada keluhan lainnya seperti demam, sakit kepala, nyeri perut, perubahan pola buang air besar, rasa panas di tenggorokan? Bagaimanakah kontrol gula darah beliau selama ini?

Pada diabetes, juga terdapat komplikasi yang disebut ketoasidosis. Ketoasidosis adalah salah satu komplikasi akut Diabetes Melitus yang terjadi disebabkan karena kadar glukosa pada darah sangat tinggi. Keadaan tersebut merupakan keadaan serius yang dapat mengancam jiwa. Gejala-gejala yang pertama kali timbul sama seperti gejala-gejala Diabetes Melitus yang tidak diobati. Yakni, mulut kering, rasa haus, intensitas buang air kecil jadi lebih sering (poliuria). Gejala lainnya seperti mual, muntah, dan nyeri perut bisa juga terjadi.

Dalam menegakkan diagnosis suatu penyakit dibutuhkan wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan). Selain itu mual dapat disebabkan oleh banyak faktor seperti di atas, oleh karena itu kami sarankan Anda segera membawa ayah Anda ke dokter spesialis penyakit dalam terdekat di kota Anda untuk mencari tahu penyebab dari sering mual pada ayah Anda agar mendapatkan penanganan yang optimal.

Semoga bermanfaat.

0 Komentar

Belum ada komentar